Home Business Beli Sepatu? Perhatikan 7 Tips Ini Biar Kamu Gak Salah Pilih

Beli Sepatu? Perhatikan 7 Tips Ini Biar Kamu Gak Salah Pilih

Tips cara membeli memilih jenis macam model sepatu pria wanita paling cocok pas tepat di kaki
Ilustrasi sepatu | Foto: Unsplash.com/Brian Stalter

Highlight.ID – Membeli sepatu yang nyaman di kaki bukanlah perkara sepele. Ada banyak kejadian, orang berlama-lama berada di toko sepatu karena kebingungan memilih sepatu yang paling pas. Itu karena dia belum menentukan jenis sepatu atau ukuran yang paling pas baginya. Apalagi dari hari ke hari, model sepatu selalu berganti-ganti terus mengikuti perkembangan tren fashion.

Seringkali, baik pria maupun wanita membeli sepatu hanya karena ingin gaya-gayaan atau mengikuti tren fashion. Padahal, sepatu memiliki aspek fungsional yang gak bisa disepelekan. Ingat ya, guys, fungsi utama sepatu yakni untuk melindungi kaki. So, pastikan kamu membeli sepatu bukan cuma karena modelnya yang oke tapi juga memperhatikan faktor keselamatan.




Sebagian orang lebih suka membeli sepatu secara langsung di toko. Sementara sebagian lainnya lebih memilih berbelanja sepatu di situs-situs eCommerce atau online shop. Namun sebelum memutuskan untuk membeli sepatu, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips membeli sepatu yang paling pas di kaki supaya nantinya gak menyesal.

Cara Memilih Sepatu yang Paling Tepat

1. Perhatikan fungsi sepatu

Kamu tentu tahu bahwa ada berbagai macam sepatu dengan fungsinya masing-masing yang dijual di pasaran. Oleh sebab itu, jangan tergesa-gesa membeli sepatu sebelum kamu mengenali jenis sepatu apa yang hendak kamu cari. Misalnya kamu ingin membeli sepatu berkesan formal yang bisa dipakai ke kantor atau acara resmi maka pilihannya jatuh pada sepatu oxford atau pantofel.

Baca Juga: 8 Jenis Sepatu Pria Paling Trendy yang Digandrungi Saat Ini





Lain halnya jika kamu menginginkan sepatu yang lebih casual, maka sepatu sneaker adalah pilihan yang paling cocok. Sementara wanita memiliki pilihan yang lebih banyak lagi mulai dari sepatu high heels hingga flat shoes. Saran kami, pilihlah sepatu yang fleksibel untuk digunakan kapan pun dan dalam situasi apapun. Dengan demikian, kamu akan dapat lebih menghemat pengeluaran.

2. Cermati ukuran sepatu

Satu hal yang sering tak disadari oleh kebanyakan orang, ukuran sepatu belum tentu pas di kaki. Sepatu yang ukurannya gak pas di kaki bisa mengakibatkan kaki lecet akibat adanya gesekan ketika berjalan. Ukuran sepatu yang tertera di sol atau kotak sepatu gak bisa selamanya dijadikan patokan.

Setiap brand sepatu memiliki ukuran yang berbeda-beda. Misalnya kamu pernah membeli sepatu merek tertentu dengan dengan ukuran 40. Ukuran itu belum tentu sama persis dengan merek sepatu lain. Sebagian orang mempunyai ukuran kaki yang lebih besar dari yang satunya. Oleh karena itu, jadikan ukuran yang paling besar sebagai acuan.

Baca Juga: Girls, Begini Cara Memilih High Heels yang Tepat

Tips cara membeli memilih jenis macam model sepatu pria wanita paling cocok pas tepat di kaki
Ilustrasi sepatu | Foto: Unsplash.com/Grailify

3. Mencoba sepatu dengan berjalan

Ketika mencoba sepatu, pastikan bahwa ada rongga yang cukup untuk ibu jari kaki di sekitar ujung sepatu bagian depan. Agar lebih yakin, cobalah sepatu dengan berdiri dan berjalan di permukaan lantai yang rata. Jika kamu merasa kesakitan saat memakai sepatu, maka bisa dipastikan bahwa sepatu itu tidak cocok buatmu.

Pastikan bahwa tumit tidak naik dan turun saat kamu berjalan memakai sepatu. Rasakan juga ujung kakimu, apakah masih ada celah atau justru terlalu sempit? Pilihlah sepatu yang agak longgar di bagian depan agar sepatu yang dipakai terasa nyaman. Saat mencoba sepatu, amati fleksibelitasnya dengan cara membengkokkan bagian ujung sepatu ke atas sedikit. Sepatu yang fleksibel, ujungnya akan kembali lagi ke kondisi awal.

4. Pilih model sepatu yang paling nyaman

Yang dimaksud nyaman di sini bukan sebatas sepatu yang pas di kaki. Tapi berkaitan pula dengan kenyamanan secara psikologis. Pilihlah sepatu yang paling sesuai dengan kepribadianmu. Orang yang terbiasa berpakaian santai mungkin agak canggung ketika harus memakai sepatu yang formal. Demikian pula sebaliknya.

Baca Juga: Tips Sederhana Memilih Sepatu Pria yang Paling Tepat

Selain itu, pemilihan model sepatu juga perlu mempertimbangkan aktivitas yang sering kamu lakukan. Jika kamu jarang pergi ke acara-acara resmi maka urungkan niat untuk membeli sepatu formal semacam oxford misalnya. Sebagai gantinya, kamu bisa membeli sepatu sneaker yang nyaman dipakai dalam suasana apapun.

5. Gunakan kaos kaki

Saat mencoba sepatu, ada baiknya kamu menggunakan kaos kaki. Apa tujuannya? Kaos kaki memiliki ketebalan tertentu, sehingga akan terasa berbeda dibandingkan jika kamu memakai sepatu tanpa kaos kaki.

6. Perhatikan bahan sepatu

Selain model, bahan sepatu yang digunakan juga perlu mendapatkan pertimbangan khusus. Pilihlah sepatu dengan bahan kulit maupun sintesis yang tak hanya awet tapi juga nyaman ketika dikenakan. Sepatu dengan bahan yang lentur terasa lebih nyaman karena dapat menyesuaikan bentuk dan gerakan kaki.

Selain itu, perhatikan juga bagian dalam sepatu. Apakah sepatu itu menggunakan in-sole yang empuk sehingga kaki tidak terasa sakit saat berjalan? Pilihlah sepatu yang menggunakan bahan-bahan yang dapat melindungi kaki dari benturan maupun gesekan. Sepatu yang kamu pilih harus memiliki jahitan yang rapi sehingga tidak mudah rusak.

7. Belanja di sore hari

Sore hari hingga malam hari merupakan waktu yang tepat untuk membeli sepatu. Kenapa? Pada waktu-waktu tersebut, kakimu mencapai ukuran terbesar setelah beraktivitas seharian. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan sepatu yang paling tepat.