Home Arts 7 Cara Memilih Makeup Artist (MUA) Paling Tepat untuk Pernikahan

7 Cara Memilih Makeup Artist (MUA) Paling Tepat untuk Pernikahan

tips cara bagaimana langkah memulai membangun karier bisnis usaha makeup artist mua kecantikan salon cewek sukses berhasil jasa job order
Cara menjadi makeup artist (MUA) profesional | Foto: Flickr/Avedaphotos

Highlight.ID – Pernikahan merupakan momen sakral yang bakal menjadi momen tak terlupakan. Oleh sebab itu, setiap orang berupaya menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. Rias pengantin menjadi satu hal yang gak bisa dilupakan begitu saja dalam hal pernikahan. Tentunya, setiap calon pengantin ingin wajahnya terlihat menarik dan anggun.

Beragam cara dilakukan agar prosesi pernikahan berjalan dengan lancar. Sebagian lebih memilih menggunakan jasa wedding organizer (WO) di mana makeup pengantin sudah termasuk di dalamnya. Sementara, sebagian lainnya lebih suka menggunakan jasa makeup artist (MUA) pilihannya. Dalam hal memilih jasa MUA, kamu perlu memperhatikan sejumlah pertimbangan seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

Tips Mencari Makeup Artist Terbaik

1. Pilih MUA yang style makeup-nya cocok denganmu

Setiap MUA profesional biasanya mempunyai style atau signature  makeup yang menjadi ciri khasnya. Nah, kamu harus jeli mengamati bagaimana style makeup yang kamu sukai. Selain itu, perhatikan apa yang membedakan satu MUA dengan yang lainnya. Tentu saja, ini akan sangat bergantung pada selera pribadi.

Berbicara tentang selera, kamu juga perlu mendengarkan apa kata pasanganmu. Jangan sampai, kamu lebih mementingkan ego sendiri hanya karena ingin terlihat cantik/ganteng tapi justru mengorbankan hubungan. Diskusikan dengan pasangan mengenai style makeup yang paling kalian sukai.

2. Simak testimoni klien

Testimoni atau review pelanggan sangat menentukan keputusan seseorang dalam memilih jasa makeup pengantin terbaik. Kamu bisa membacanya di Google atau berbagai aplikasi online yang berkaitan dengan pernikahan. Saat ini, mendapatkan informasi tentang jasa makeup artist di kota tertentu sangat lah mudah.

Baca Juga:
11 Pekerjaan di Salon Kecantikan, Mulai dari Hairstylist Hingga Makeup Artist

Kemudahan itu berkat kemajuan teknologi informasi seperti internet termasuk media sosial di dalamnya. Bacalah testimoni pelanggan agar lebih yakin dalam memilih MUA. Biasanya, pelanggan menulis secara jujur sehingga testimoninya bisa menggambarkan bagaimana layanan MUA yang sesungguhnya.

3. Cari MUA yang dekat dengan tempat pernikahan

Lokasi di mana MUA berada menentukan efektivitas dan efesiensi proses periasan pengantin. Jadi, pilihlah MUA yang paling dekat dengan lokasi di mana acara pernikahan akan diselenggarakan. Dengan begitu, kedua belah pihak akan memperoleh keuntungan. Di satu sisi, kamu akan lebih menghemat pengeluaran. Di sisi lain, MUA bisa secara lebih efisien dalam mempersiapkan makeup untuk pengantin dan keluarganya.

Saat ini, profesi makeup artist sudah banyak yang menggelutinya. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya tapi hampir di setiap daerah ada. Jadi, ini akan memberikan kemudahan bagimu karena kamu nggak perlu mendatangkan MUA dari jauh.

4. Buat daftar MUA favoritmu

Makeup artist telah menjadi profesi yang banyak ditekuni. Ini memberikan keuntungan bagi masyarakat karena mereka mempunyai banyak pilihan. Namun banyaknya pilihan malah bisa jadi membuatmu kebingungan. Siapakah makeup artist pengantin terbaik untuk disewa?

Agar kamu nggak bingung, buatlah daftar MUA yang menjadi favoritmu. Mereka bisa dengan mudah kamu temukan di Instagram atau beberapa platform kecantikan atau pernikahan. Dari sekian banyak MUA yang kamu masukkan daftar, pilihlah yang paling kamu sukai.

5. Lihat portofolio MUA

Salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih MUA paling bagus adalah hasil karyanya. Media sosial seperti Instagram atau Facebook merupakan tempat di mana kamu bisa melihat portofolio MUA secara jelas dan detail. Biasanya, MUA juga menyertakan deskripsi di bawah posting-an sehingga audiens bisa mengetahui informasi lebih jauh.

Berkaitan dengan poin ke-1, pertimbangan dalam menilai hasil karya MUA akan sangat bergantung pada selera. Setiap MUA mempunyai syle-nya masing-masing seperti Korean look, makeup natural, makeup minimalis, dan sebagainya. Hasil karya mereka biasanya bisa menggambarkan bagaimana kualitas teknik makeup.

Baca Juga:
Paragon Beauty Academy Siap Cetak Makeup Artist (MUA) Andal

6. Sesuaikan dengan budget

Menyewa jasa MUA tentu nggak bisa melupakan yang namanya budget. Setiap MUA mempunyai rentang harganya sendiri yang diperlihatkan dalam bentuk price list. Harga jasa MUA tergantung pada reputasi dan pengalaman MUA tersebut. Sebagai contoh, MUA yang biasa menjadi langganan artis atau public figure jelas menawarkan harga yang lebih tinggi.

Mahal atau murah memang sangat relatif. Ada yang berpikir bahwa harga mahal nggak masalah asal kualitas layanannya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan. Sementara, sebagian lainnya tidak begitu mempertimbangkan kualitas yang penting harganya murah. Jadi, pastikan kamu menyewa jasa MUA yang sesuai dengan anggaran tanpa mengorbankan kualitas layanan yang kamu dapatkan.

7. Siapkan daftar pertanyaan

Dalam hal memilih jasa MUA, kamu harus memastikan bahwa kamu akan mendapatkan layanan terbaik. Oleh karena itu, kamu harus memikirkan beberapa hal yang bisa kamu tuliskan dalam bentuk pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang perlu kamu kalian ajukan ke MUA yakni:

  • Apa produk kosmetik yang dipakai?
  • Apakah MUA bersedia datang ke tempat acara?
  • Apakah MUA menyediakan uji coba (trials)?
  • Berapa lama proses makeup?
  • Bagaimana jika MUA menghadapi kendala saat hari pernikahan?

Sebagai klien, kamu perlu bersikap kritis agar kamu benar-benar yakin dengan pilihanmu. Beberapa pertanyaan tersebut bisa menjadi gambaran bahwa MUA yang kamu sewa nantinya akan memberikan layanan terbaiknya.