Home Beauty Tips Memilih Nama Salon Kecantikan yang Tepat

Tips Memilih Nama Salon Kecantikan yang Tepat

tips cara memulai bisnis salon kecantikan memberi nama beauty clinic therapist khusus cewek wanita perawatan treatment memberi hoki mudah diingat
Cara memilih nama salon kecantikan | Foto: pinterest.com

Highlight.ID – Maraknya bisnis yang menjamur membuat para wirausaha berlomba-lomba mengelola beragam usaha, dimulai dari kuliner, fashion, jasa, dan lain sebagainya. Salah satu usaha yang digandrungi kaum wanita adalah salon kecantikan. Semakin membeludak juga para wanita yang ingin tampil cantik di mata umum, sehingga mereka tidak keberatan membayar mahal untuk sebuah perawatan. Tentu saja mereka akan memilih salon kecantikan yang terpercaya akan kualitas pelayanannya.

Mengoperasikan usaha salon memang terbilang menguntungkan. Salon sudah menjadi kebutuhan utama para wanita yang gemar berpenampilan sempurna dan menarik. Kebutuhan utama agar dapat membuka usaha salon dimulai dari membentuk perusahaan dan mempekerjakan pegawai yang berpengalaman agar dapat menarik hati pelanggan dengan pelayanan yang baik. Jangan lupa juga untuk memberikan nama salon yang tepat agar terlihat menarik bagi para pelanggan.




Memilih nama salon adalah hal yang paling menyenangkan sekaligus menarik untuk dilakukan, karena nama itulah yang nantinya akan dikenal banyak orang. Oleh karena itu, dalam memilih nama salon yang tepat tidak perlu dilakukan dengan tergesa-gesa. Kamu perlu melakukan diskusi dengan teman maupun keluarga. Setelah mendapatkan nama salon yang tepat, saat itulah kamu merasa bahwa ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa.

Kamu perlu tahu beberapa cara mendirikan salon dan mencari nama salon kecantikan yang tepat. Jangan sembarangan memilih nama salon karena berakibat salonmu tidak menarik perhatian pelanggan. Berikut beberapa hal yang kamu butuhkan agar menghasilkan ide hebat dan mendapatkan feedback baik bagi para pelanggan terhadap salon kamu.

Baca juga:

Cara Memberi Nama Salon Kecantikan yang Bagus

Image sebuah Salon yang Menentukan

Sebagai sebuah salon kecantikan, kamu harus memunculkan citra yang menggambarkan sifat sebuah salon pada pikiran pelanggan. Buatlah agar pelanggan dapat menggambarkan kualitas pelayanan pada salonmu hanya dengan membaca namanya.

Sebuah nama yang bagus akan membuat pelanggan tertarik, tetapi dapat membuat mereka tidak bersemangat walaupun mereka belum pernah merasakan pelayanannya karena pilihan nama yang tidak tepat. Jadi, sebuah nama dapat memengaruhi image pada pikiran pelanggan.

Jangan Biarakan Sebuah Nama Menghalangi Kamu

Setelah berhasil mencari nama untuk sebuah usaha, mungkin kamu akan berpikir ulang apakah nama tersebut cocok atau tidak. Kamu akan ragu dan berencana untuk mengubah nama yang tepat. Tapi jangan terburu-buru melakukan hal itu.

Biarkan nama yang telah didapatkan melekat untuk nama salonmu. Hal itu mungkin terjadi karena telingamu belum terbiasa dengan nama tersebut. Namun seiring waktu, kamu akan merasa terbiasa dengan nama yang salon yang sudah diberikan.

Mencari Ide



Kamu memang berencana untuk memiliki sebuah salon, tapi bukan berarti bahwa ide untuk sebuah nama akan mengalir begitu saja dari kepala. Pastikan kamu memiliki sebuah pengingat seperti buku catatan kecil maupun notes pada ponselmu karena ide cemerlang terkadang muncul pada saat yang tidak disangka-sangka, seperti di dalam bus, toilet, atau mungkin di pasar.

Lakukan diskusi dengan orang yang telah kamu percaya. Kumpulkan nama yang telah kamu buat dan gabungkan dengan ide nama yang mereka buat. Dengan melakukan hal itu, siapa tahu tercipta nama salon yang tepat.

Jangan Menggunakan Nama Merek Dagang Orang Lain

Sibuknya mencari nama sebuah salon terkadang tidak membuat seseorang berpikir bahwa nama adalah sebuah trademarks atau merek dagang. Pastikan nama yang kamu ciptakan bukan nama sebuah usaha yang telah berdiri sebelumnya.

Carilah nama seunik mungkin yang sekiranya belum pernah terdengar di telingamu dan di telinga orang lain maupun mesin pencarian seperti Google. Jangan biarkan kamu terlibat dalam kasus pelanggaran hak cipta yang membawamu ke jalur hukum hanya karena sebuah nama.

Penilaian Kriteria

Untuk sebuah evaluasi kriteria, kamu harus memiliki sebuah ciri yang dapat menarik hati pelanggan seperti berikut:

• Tampilan Nama


Ciptakan sebuah tampilan nama yang menarik perhatian untuk ditempatkan pada papan nama salon kamu, di sebuah iklan, atau di brosur. Hal terpenting di sini adalah untuk memberikan isyarat virtual seperti kata yang sedap dibaca, keseimbangan bentuk huruf dan ukurannya, maupun jumlah huruf dan kata yang digunakan. Perlu diketahui bahwa nama yang singkat dan tidak bertele-tele akan mudah diingat oleh para pelanggan.

• Kejelasan Suara

Tentunya sebagai seorang pendiri salon, kamu menginginkan nama salonmu didengar oleh banyak orang. nama yang mudah disebutkan dan enak didengar akan memudahkan orang-orang mempromosikan nama salonmu dari mulut ke mulut. Jangan menciptakan nama yang sulit dieja karena akan menyulitkan pendengar.

Misalnya saja ketika kamu sedang berbicara melalui ponsel dengan sinyal yang terputus-putus, sebuah kata yang tidak jelas akan menghambat pendengaran si penerima suara. Tapi dengan nama atau kata yang jelas, mereka akan memahami walaupun suara yang terdengar tidak jelas.

• Lebih Istimewa

Sudah selayaknya seorang pebisnis mencari nama yang unik dan istimewa untuk sebuah usahanya. Kamu akan memilih nama yang mudah diingat oleh pelanggan, tapi jangan sampai kamu lupa bahwa nama adalah sebuah trademarks yang tidak boleh sembarangan digunakan.

Baca juga:

Meskipun hanya terdengar mirip dengan nama usaha pesaing yang sejenis, hal itu juga dapat memicu masalah. Hindari nama yang terdengar mirip ataupun tampilan yang mirip. Ciptakan keunikan sendiri agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

• Perasaan

Sebisa mungkin untuk mengukur rasa yang ditimbulkan dari nama tersebut. Buatlah pelanggan merasakan kehangatan dan perasaan positif saat membaca nama salonmu.

• Semangat

Berikan kesan hidup pada nama salonmu. Buatlah si pembaca merasakan energi yang membuat mereka penasaran apa yang kamu miliki pada salonmu.

Cintai Nama Salonmu

Hal ini adalah akhir dari pekerjaan kamu yang mencari nama untuk sebuah salon. Kamu sudah melakukan berbagai pertimbangan yang sangat hati-hati dan meluangkan waktu untuk mencari sebuah nama. Nikmati bisnis yang telah kamu ciptakan dan lakukan yang terbaik untuk para pelanggan.

Sekilas mungkin terasa mudah dalam mencari atau memilih nama salon. Namun hal yang telah disebutkan tadi menjadi aspek terpenting dalam pemberian nama bisnismu. Kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih nama salon. Karena kelalaian yang kamu buat akan mengakibatkan sesuatu yang tidak baik pada usahamu.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here