Home Beauty Cara Merawat Bibir dengan Bahan-bahan Alami Agar Terjaga Kecantikannya

Cara Merawat Bibir dengan Bahan-bahan Alami Agar Terjaga Kecantikannya

Tips cara merawat bibir kecantikan kesehatan treatment menggunakan bahan alami
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Timothy Dykes

Highlight.ID – Siapa sih yang tidak ingin memiliki bibir lembap dan merah merona secara alami? Tentu hampir semua kaum wanita berusaha untuk bisa mendapatkan itu. Sampai-sampai rela membeli produk kosmetik untuk merawat bibir, atau menjalani perawatan khusus di klinik kecantikan.

Tetapi, membeli produk atau ke klinik kecantikan jelas membutuhkan biaya yang mungkin tidak sedikit. Padahal, mereka bisa saja melakukan perawatan alami dengan bahan di dapur. Selain itu, yang terpenting adalah benar dalam merawat bibir serta tidak melakukan kebiasaan yang merusak bibir. Apa sajakah itu? Yuk, baca ulasannya di bawah ini.




Sayangi Bibirmu, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Ada beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan wanita, yang tanpa mereka sadari hal itu dapat merusak bibir mereka. Seperti bibir menjadi pecah-pecah, kering, bahkan menghitam. Mulai sekarang hentikan kebiasaan-kebiasaan ini yuk, ladies!

1. Menjilat bibir

Siapa nih yang sering menjilat bibir? Jangan pikir dengan membasahi bibir dengan menjilat, maka bibir akan menjadi lembap. Ini adalah pemikiran yang salah besar!

Justru sebaliknya nih ladies, kebiasaan buruk ini akan membuat bibir kamu jadi semakin kering. Hal ini karena air liur dapat menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis, dan mengambil kelembapan alaminya.

Hentikan kebiasaan ini ya, walaupun awalnya kamu merasa bibir jadi lembap. Karena itu hanya sementara saja, setelahnya bibir akan menjadi kering kerontang. Selain bibir jadi tidak sehat, penampilan kamu juga jadi tidak oke kan?

Baca Juga:
Biar Lebih Matching, Begini Cara Memilih Warna Lipstik Sesuai Jenis Kulit




2. Menggigit bibir

Sebagian wanita mengira bahwa dengan menggigit bibir akan membuatnya merah merona dengan cepat. Padahal, sama seperti menjilat bibir, kebiasaan ini juga bisa menjadi pemicu bibir kering dan pecah-pecah.

Tak hanya itu, bahkan menggigit bibir juga akan menimbulkan luka. Luka ini membuat lapisan bibir terkelupas, selain akan terasa perih, juga bisa merusak penampilanmu. Jika kamu saat ini sedang ingin melakukan perawatan bibir kering, hentikan kebiasaan buruk ini ya!

3. Jarang minum air

Tubuh kita membutuhkan air supaya terhidrasi, termasuk bibir supaya dapat lebih lembap. Kalau kamu punya kebiasaan malas minum air putih, hentikan sekarang juga ya!

Jarang minum air akan menyebabkan dehidrasi, yang biasanya ditandai dengan pusing, jarang buang air kecil, sembelit, sakit kepala, dan bibir kering serta pecah-pecah. Jika kamu merasakan gejala tersebut, segera perbanyak minum air putih untuk bisa mengisi ulang cairan tubuh yang telah hilang.

Baca Juga:
7 Warna Lipstik Paling Favorit yang Bisa Mengubah Penampilan Wanita

4. Sering makan makanan asin dan pedas

Makanan asin dan pedas memang menggiurkan dan bikin nagih. Tapi ternyata, kebiasaan mengonsumsi makanan asin dan pedas dapat berdampak buruk untuk kesehatan dan kecantikan bibir.
Kebiasaan ini akan membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Tahu tidak ladies, garam yang ada pada makanan asin bisa mengiritasi lapisan kulit bibir serta menjadi penyebab peradangan. Sementara pada makanan pedas, capsaicin dalam cabai bisa menyebabkan bibir jadi lebih mudah kering serta pecah-pecah.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi dua jenis makanan ini. Boleh-boleh saja kok, asalkan tidak secara berlebihan. Lagipula, mengonsumsi terlalu banyak makanan asin dan pedas bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh seperti darah tinggi dan gangguan pencernaan.

5. Sering minum alkohol

Selain beberapa kebiasaan di atas, hal lain yang menjadi penyebab bibir tidak sehat adalah sering minum alkohol. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan bisa menimbulkan malnutrisi, yakni proses penyerapan vitamin dalam tubuh terhambat. Hal ini membuat tubuh tidak mendapat asupan vitamin dan mineral dengan cukup. Dampaknya, bibir kurang nutrisi sehingga membuatnya kering dan pecah-pecah.

Jika kamu sulit untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat penanganan yang tepat. Selain untuk kesehatan dan kecantikan bibir, tidak minum alkohol tentu akan berdampak baik bagi tubuh.



Baca Juga:
Girls, Ini Jenis-jenis Lipstik dan Fungsinya yang Harus Kamu Tahu

Cara Merawat Bibir dengan Bahan Alami di Rumah

Sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk bisa memiliki bibir lembap dan cerah. Beberapa bahan alami yang mudah didapat ini bisa membantu kamu untuk mencerahkan bibir, simak yuk!

1. Gula dan Mentega

Upaya melembapkan bibir bisa kamu lakukan dengan melakukan scrub gula dan mentega. Butiran-butiran gula akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sementara mentega sebagai pelembap.

Cara membuatnya juga cukup mudah, yakni dengan mencampur tiga sendok makan gula dengan dua sendok makan mentega. Olesi ke bibir dan gosok secara perlahan, lakukan rutin seminggu sekali dan dapatkan bibir lembap secara alami.

2. Stroberi

Bibir gelap terkadang mengganggu penampilan bare face kamu ya, tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi. Kamu bisa memanfaatkan buah stroberi sebagai masker bibir supaya bibir merah merona.

Caranya dengan menghancurkan 4 – 5 stroberi dan campur dengan dua sendok makan baking soda. Oleskan ke bibir sebelum tidur, dan bersihkan di keesokan harinya. Lakukan rutin setidaknya seminggu 2 – 3 kali untuk hasil maksimal.

Baca Juga:
Ragam Manfaat Lipstik untuk Kecantikan Bibir yang Perlu Diketahui

3. Madu

Selain menggunakan stroberi, kamu juga bisa menggunakan madu untuk membuat bibir cerah permanen. Madu sangat bagus untuk tubuh, dan juga bibir supaya cerah alami.

Cobalah untuk mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur, lalu bersihkan dengan air hangat di pagi harinya. Selain bisa membuat cerah, madu juga bisa memberikan kelembapan untuk bibir kamu. Resep ini bisa kamu gunakan setiap malam ya, ladies!

4. Lemon dan Gula

Sekarang percaya, kan kalau untuk melembapkan dan mencerahkan bibir tidak perlu biaya besar. Hanya dengan lemon saja, kamu bisa mencerahkan bibir gelap secara alami loh. Kamu bisa menggunakan perasan lemon yang dicampur gula supaya tidak hanya mencerahkan tapi juga mengelupaskan sel-sel kulit mati di bibir.

Gunakan rutin setiap hari sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan. Bisa digunakan di pagi hari maupun di malam hari sebelum tidur.

Demikian perawatan bibir alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Tips-tips di atas juga termasuk dalam cara merawat bibir hitam ya ladies. Kesehatan bibir sangat penting untuk diperhatikan, maka kamu perlu tahu cara merawat bibir pecah pecah dan tips merawat bibir yang benar.

Semoga artikel cara merawat bibir ini bisa membantu mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan bibir kamu. Selamat mencoba, ya!