Home Beauty Cara Facial Wajah di Rumah untuk Dapatkan Kulit Bening Bebas Jerawat

Cara Facial Wajah di Rumah untuk Dapatkan Kulit Bening Bebas Jerawat

tips teknik cara melakukan praktik facial wajah kulit di rumah bercahaya bersih bening bebas tanpa jerawat alat tanpa harus ke salon bahan krim kelebihan kelemahan
pexels.com

Highlight.ID – Untuk dapatkan kulit cerah sempurna, tanpa jerawat dan bekasnya, bisa didapatkan salah satunya dengan teknik facial. Tentu ladies sudah enggak asing dong, dengan teknik perawatan yang satu ini? Pada umumnya, facial dilakukan dengan bantuan therapist di klinik kecantikan, menggunakan beberapa teknik serta produk khusus untuk membersihkan kulit secara mendalam dan menyeluruh.

Karena terdiri dari beberapa langkah yang membutuhkan produk dan kemampuan khusus, tidak jarang facial memiliki harga yang tidak murah di beberapa klinik dan tempat perawatan. Padahal, untuk mendapatkan kulit bercahaya yang sempurna, facial harus dilakukan rutin, setidaknya 1 bulan satu kali untuk benar-benar membuang penumpukan kotoran pada pori-pori kulit.




Kalau kamu memiliki resolusi tahun baru untuk lebih hemat dan bisa mengatur keuangan lebih bijak, tentu jadi ingin cari-cari alternatif yang lebih terjangkau, ya. Atau bisa jadi, kamu ingin mengetes dan bereksperimen teknik dan produk lain untuk menjadi bagian dari teknik facial.

Well, sebetulnya facial sendiri tidak harus dilakukan di klinik kecantikan yang mahal, lho karena dengan beberapa teknik tepat, facial dapat juga dilakukan secara rutin di rumah. Wah, yang benar? Yup, karena sebetulnya, kita bisa meniru teknik facial, hanya saja diganti dengan produk alternatif. Seperti apa ya, kira-kira? Intip langkah-langkah melakukan facial di rumah berikut ini, yuk.

Baca juga:

Langkah-langkah Melakukan Facial di Rumah Tanpa Harus ke Salon

1. Pembersihan mendasar

Mulai dengan langkah dasar, pembersihan di awal dibutuhkan untuk menjadi langkah pembuka dan mempersiapkan kulit menjadi kanvas kosong yang siap diberikan perawatan. Nah, untuk pilihan produk dan tekniknya sendiri, bisa disesuaikan kembali dengan jenis kulitmu.

Gunakan sabun mukamu sehari-hari, atau hanya sekadar dibasuh dengan handuk yang direndam dalam air hangat. Ingin yang natural? Kamu bisa oleskan madu mentah murni untuk membunuh bakteri pada kulit wajah. Pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

2. Berikan penyegaran

Biasakan untuk gunakan toner setelah melakukan pembersihan itu penting lho. Sebab toner bisa mengembalikan tingkat pH kulit wajah sehingga kembali menjadi normal. Kamu bisa gunakan toner-mu seperti biasa atau mencoba pilihan alternatif yang lebih alami. Contohnya saja air mawar, hidrosol, hingga air rebusan dari beberapa tumbuhan seperti witch hazel dan lidah buaya. Semprotkan secara langsung atau tap-tap dengan menggunakan kapas.

3. Pijat wajah untuk hasil kulit yang awet muda


Langkah selanjutnya ialah memijat kulit menggunakan minyak pembersih, bisa kamu beli di toko kecantikan favoritmu ataupun membuatnya sendiri di rumah. Beberapa minyak yang direkomendasikan sebagai campuran minyak pembersih ialah minyak jarak, minyak jojoba, minyak argan, dan minyak biji anggur.

Campurkan dengan rasio minyak jarak dan minyak jojoba/kelapa/argan, 1:3 , kemudian kamu bisa tambah minyak essensial agar wanginya dapat sekaligus menenangkan. Taruh campuran di telapak tangan, gosok hingga hangat, kemudian pijat wajah dengan gerakan memutar. Lakukan selama 20 menit atau sesuai kebutuhan dan rasakan komedo serta kotoran benar-benar terangkat!

4. Scrubbing

Langkah selanjutnya, lakukan scrubbing dengan produk scrub yang lembut untuk kulit wajah. Untuk langkah ini, sebaiknya kamu tidak terlalu banyak bereksperimen dengan produk alami yang memiliki butir terlalu besar, misalkan saja garam dan gula yang dicampurkan dalam madu atau yogurt.

tips teknik cara melakukan praktik facial wajah kulit di rumah bercahaya bersih bening bebas tanpa jerawat alat tanpa harus ke salon bahan krim kelebihan kelemahan
shutterstock.com

Saat kulit wajah terkena paparan scrub dengan butir-butir yang kasar, maka kemungkinan iritasi, dan pembukaan pori-pori yang semakin besar akan terjadi. Sehingga disarankan untuk lakukan scrubbing pada wajah dengan produk atau bahan alami yang aman dan memiliki butir lebih kecil, sehingga proses pembersihan pun jadi lebih nyaman dan tidak merusak kulitmu.

5. Oleskan masker favorit

Saatnya oleskan masker pada wajah! Untuk langkah yang satu ini, dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan natural, sebab kini adalah saatnya kulit sedang terbuka dan bersih untuk menerima masker kaya nutrisi. Untuk bahan-bahannya, kamu bisa gunakan madu mentah, alpukat, minyak argan, yogurt, hingga strawberi dan tomat yang dihancurkan.

Bahan-bahan dapat kamu eksperimen dan campur sendiri, tergantung jenis dan masalah kulit individu. Misalnya saja untuk kulit kering, disarankan untuk menggunakan bahan dasar yang lebih melembabkan seperti alpukat, madu, atau susu almond. Untuk jenis kulit berminyak, bisa coba mentimun, tomat, ataupun bubuk teh hijau. Sedangkan untuk kulit normal, yogurt, telur ataupun kopi, bisa jadi pilihanmu.

6. Uapkan wajah



Setelah masker didiamkan selama waktu yang dibutuhkan kemudian dibilas, siapkan handuk bersih dan wadah berukuran besar untuk diisi dengan air hangat. Uapkan wajahmu dengan cara tundukkan kepala pada mulut wadah, lalu tutupi bagian belakang kepala dengan handuk, sehingga wajahmu langsung menghadap pada uap dari air hangat. Proses ini penting untuk membantu kulit mengeluarkan racun yang menumpuk melalui keringat yang keluar akibat panas dari uap. Psst, proses ini juga membantu banget untuk bikin kulit glowy alias bercahaya, lho!

7. Pelembab

Langkah terakhir, aplikasikan pelembab untuk menutup kegiatan facial di rumah. Bisa juga kamu awali dengan face spray agar memberikan kelembaban ekstra sebelum akhirnya dikunci dengan pelembab di atasnya. Semprotan untuk kulit wajah tersebut bisa dalam bentuk air mawar, atau hidrosol yang menyegarkan. Kemudian, saat masih setengah kering, segera oleskan pelembab favoritmu, dan dapatkan kulit bercahaya yang akan lembab sepanjang hari. Enggak percaya? Coba sekarang lihat hasilnya di cermin, pasti kamu puas!

Itu dia, 7 langkah mudah facial di rumah, yang bisa kamu praktikkan di akhir minggu nanti. Selain jadi lebih hemat, teknik facial di rumah bisa membantu kamu secara langsung mengenali tekstur dan kebutuhan kulitmu, lho. Perhatikan reaksinya, apakah pelembab atau minyak tertentu, membuat kulitmu berminyak atau malah jadi tambah cantik. Dengan begitu, ke depannya, kamu bisa memilih produk yang memang dibutuhkan kulitmu.

Nah, selain hal di atas, teknik facial di rumah ini juga bebas dari bahan kimia karena bahan-bahan dan tekniknya, masih natural. Memang sih, berbeda sekali dengan Facial yang di lakukan di klinik atau salon kecantikan favoritmu, namun hal tersebut memang wajar karena untuk beberapa teknik facial memang membutuhkan tenaga profesional untuk melakukannya. Namun, bukan berarti facial di rumah bukan termasuk facial, lho. Karena kulit wajahmu tetap harus mendapatkan perawatan natural dan lembut, agar tetap bercahaya dan mengurangi kotoran penyebab jerawat.

So, sudah tahu kapan akan melakukan teknik facial di rumah ini? Produk yang akan digunakan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil yang diinginkan. Jadi, tidak perlu kesulitan mencari produk yang sama persis. Boleh juga kamu melakukan riset dan mencari informasi sebelumnya, agar benar-benar tahu apa yang dibutuhkan oleh jenis kulit sepertimu. Yuk, rawat kulit wajah agar tetap bercahaya dan bersih bebas dari jerawat secara natural. Makin cantik, makin pede, deh! Selamat mencoba, ya. (no/ek/ch/nu)



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here