Home Beauty Cara Pemakaian Conditioner yang Tepat Agar Rambutmu Lebih Terawat

Cara Pemakaian Conditioner yang Tepat Agar Rambutmu Lebih Terawat

tips cara pemilihan pemakaian bagaimana tahapan rambut indah sehat ala salon di rumah beauty therapist kapster treatment layanan jenis macam shampo kegunaan manfaat fungsi produk merek branded
unsplash.com

Highlight.ID – Memiliki rambut yang mudah diatur, merupakan dambaan semua wanita. Selain menghemat waktu penataan rambut sehari-harinya, kamu pun jadi lebih percaya diri saat tampilan rambut lebih sehat dan lembut. Nggak heran jika ada beberapa acara spesial, kegiatan ke salon untuk mendapatkan hairstyle tertentu sering dilakukan, di samping memastikan make up juga sudah rapi dan on. Benar begitu, ladies?

Namun, di samping mendapatkan hairstyle impian secara instan dengan bantuan teknik blowdryer, hair straightener, dan produk styling, ada cara yang bisa kamu lakukan, untuk dapatkan rambut yang lembab dan terhidrasi, serta mudah diatur. Yup, benar sekali, jawabannya adalah dengan merawat rambut dengan menggunakan conditioner.




Terlihat mudah? Memang. Tapi jangan sepelekan penggunaan conditioner untuk rambutmu, karena jika salah cara atau jenis conditioner yang dipilih, malah bikin lepek, rontok, atau malah ketombean. Engga mau kan semua mimpi buruk itu terjadi? Duh! Untuk menghindarinya, yuk simak 7 tips menggunakan conditioner berikut, yang mudah dilakukan di rumah.

Tips Penggunaan Conditioner yang Benar

1. Spa ala rumahan

Kata siapa creambath cuma bisa di salon? Di rumah juga bisa, lho. Tinggal siapkan air hangat dan handuk bersih, aplikasikan conditioner pada rambut seperti biasa, kemudian bungkus rambut dengan handuk yang telah dihangatkan. Diamkan hingga terasa dingin, kemudian bilas rambut dengan air dingin. Cara yang satu ini, bisa membantu conditioner untuk menyerap lebih maksimal dan memberikan kelembaban lebih.

Baca juga:

Ingat juga, untuk mengaplikasikan conditioner mulai dari bagian tengah rambut, hingga ujung rambut. Mengapa kulit kepala tidak membutuhkan conditioner? Karena kulit kepala bisa menghasilkan minyak alami yang distribusinya lebih mudah, sehingga kelembaban bukan menjadi masalah.

2. Mengenal jenis rambut dan bahan conditioner

Kenali jenis rambut mu, apakah kering, bercabang , berketombe namun memiliki ujung rambut patah, atau berminyak? Karena conditioner bersifat melembabkan, hendaknya frekuensi penggunaan, juga harus diperhatikan. Misal untuk kamu yang berambut kering, bisa menggunakan kondisioner setiap hari, sedangkan untuk jenis rambut berminyak, bisa menguranginya hingga satu kali dalam tiga hari.

Setelahnya, perhatikan juga bahan yang terkandung dalam produk conditioner pilihan. Untuk rambut kering, pilih yang mengandung alpukat, minyak zaitun, protein, dan keratin. Sedangkan untuk yang berambut normal dan berminyak, bisa pilih yang lebih ringan, seperti minyak argan atau air mawar.

3. Lakukan pemanasan


Jangan berpikir pemanasan seperti sebelum melakukan olahraga. Pemanasan sebelum mencuci rambut, ialah melakukan pre-shampooing, atau pre-poo. Engga usah ribet membuat masker rambut dari bahan alami, cukup oleskan minyak kelapa, air mawar, lidah buaya, atau minyak argan 15 menit sebelum shampo, dan voila! Rambut kamu bisa dapatkan kelembaban ekstra. Jangan kaget setelah mengeringkan rambut, kamu bisa dapatkan rambut yang mudah diatur, lembut, serta sehat!

4. Leave-in conditioner atau conditioner?

Leave-in conditioner ialah produk conditioner yang sengaja ditinggalkan, tanpa dibilas. Teksturnya lebih ringan, sehingga lebih cocok untuk kamu yang berjenis rambut normal hingga berminyak, dan engga punya waktu banyak untuk melakukan perawatan. Dan, karena lebih ringan itu pula, leave-in conditioner bisa dipakai kapanpun, dan bisa merangkap jadi serum rambut setelah keramas.

Sedangkan yang memiliki masalah rambut kering, bercabang, patah, hingga kusam lebih cocok untuk gunakan conditioner berbilas. Kandungan conditioner tersebut, memiliki lebih banyak properti yang melembabkan, dan memperbaiki helai rambut yang rusak. Conditioner berbilas juga bisa dibilang memiliki kemampuan penetrasi yang dalam, sehingga dapat menutrisi rambut lebih intensif.

5. Alternatif yang lebih lembut untuk yang sensitif

Kata siapa hanya kulit yang bisa dikategorikan sensitif? Rambut juga bisa! Tanda-tandanya ialah kulit kepala yang terasa panas dan selalu bereaksi saat kotoran dan keringat lebih menumpuk dari biasanya. Sebagai solusinya, gunakan conditioner yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga lembut dan tidak berbahaya bagi rambut dan kulit kepala.

tips cara pemilihan pemakaian bagaimana tahapan rambut indah sehat ala salon di rumah beauty therapist kapster treatment layanan jenis macam shampo kegunaan manfaat fungsi produk merek branded
livestrong.com

Atau, jika sulit menemukan merek yang cocok, racik sendiri conditioner kamu di rumah, asyik juga, loh! Beberapa bahan alami yang bisa digunakan, ialah cuka apel alami, minyak kelapa, lidah buaya, hingga air siraman bunga chamomile yang menenangkan. Tidak perlu terlalu banyak mencampurkan bahan dalam satu waktu, cukup bereksperimen, dengan 2 atau 3 bahan, sembari mencari apa yang cocok untuk rambutmu.

6. Nutrisi air bilasan yang melengkapi

Untuk mengikat nutrisi yang diberikan oleh pemakaian conditioner, kamu bisa semprotkan, atau bilas rambut dengan air bilasan dari campuran cuka apel, air mawar, atau rebusan rosemary. Kelembutan pun jadi makin meresap ke helai rambut mu.

Cara membuatnya mudah banget. Campurkan air dan bahan alami pilihan dengan perbandingan 3 : 1. Bisa dimulai dari akar rambut yang seringkali bercabang, atau bisa langsung dengan membilas seluruh helai rambut dari akar.

7. Cara keringkan rambut setelah gunakan conditioner


Setelah kamu merasa relaks karena baru selesai mandi, perhatikan juga cara mengeringkan rambut, ya! Karena, percuma saja jika teknik mengeringkan rambut yang dilakukan tidak sesuai, malah menghilangkan nutrisi dan benefit yang diberikan dari pemakaian conditioner. Pertama, hindari menggesek rambut dengan handuk terlalu kasar.

Bahkan, lebih dianjurkan untuk hanya menepuk-nepuk, atau mengelap rambut secara perlahan agar tidak membuat helai rambut menjadi mudah patah. Setelah itu, biasakan untuk mengurangi penggunaan hair dryer, dan biarkan rambut mengering dengan teknik air-dry, alias secara alami. Hal ini akan berguna banget, lho untuk menjaga kelembaban setelah penggunaan conditioner sehingga lebih tahan lama.

Tuh, kan ladies, siapa bilang mendapatkan tampilan rambut yang lembut dan mudah diatur itu, sulit? Tentunya dengan rutin gunakan conditioner yang cocok dengan jenis rambut, frekuensi yang dibutuhkan, hingga cara pemakaian yang benar, rambut akan lebih tertata dan semakin jarang membutuhkan styling. Lagipula, jika rambut engga sering terkena paparan produk berbahan kimia dan alat-alat styling, kesehatan dan cahaya alaminya akan lebih terpancarkan.

Kemudian, engga ada salahnya lho, untuk sedikit memanjakan rambut dengan memberikan nutrisi tambahan lewat berbagai produk dan bahan alami yang cocok. Contohnya saja perawatan ala spa dengan menggunakan buah-buahan sebagai bahan utamanya, seperti buah alpukat yang dihancurkan, hingga madu dan susu yang dicampurkan.

Selain murah dan terjangkau, perawatan tambahan ini juga mudah banget dilakukan di rumah. Lumayan untuk mengisi waktu luang, atau dilakukan sebelum menghadiri acara penting!

So, gimana ladies? Sudah kebayang penggunaan conditioner seperti apa yang akan cocok untuk rambut cantikmu? Hal yang perlu diingat, ialah jika ingin rambut lebih indah dan terjaga lembutnya, utamakan keseluruhan proses merawat mulai dari mengaplikasikan shampo, hingga mengeringkan rambut, dan tidak hanya mengutamakan penggunaan conditioner saja. Kini, kamu pun bisa katakan selamat tinggal pada rambut kering dan susah diatur!



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here