Highlight.ID – Saat ini, bisnis event organizer (EO) semakin menjanjikan untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan banyak orang ataupun organisasi yang memilih untuk menggunakan layanan event organizer saat akan menggelar acara.
Mengapa bisa demikian? Jawabannya sederhana. Sebab, dengan menggunakan jasa EO, pihak pemilik acara tidak perlu lagi direpotkan dengan berbagai persiapan acara dan mereka bisa fokus mengerjakan hal yang lainnya.
Apalagi acara-acara besar yang membutuhkan banyak sekali persiapan rumit saat akan melaksanakannya. Jasa EO sangatlah dibutuhkan agar dapat melancarkan jalannya acara yang direncanakan.
Memiliki rencana untuk memulai bisnis event organizer? Bingung harus memulai dari mana? Kedua pertanyaan tersebut akan kami kupas tuntas pada pembahasan kali ini.
Cara Bisnis Event Organizer
1. Pengalaman
Bisnis EO masuk ke dalam bisnis jasa yang sangat membutuhkan banyak keahlian khusus dan pengalaman. Sehingga pengalaman yang baik harus kamu miliki jika ingin memulai menjalankan bisnis ini. Di saat kamu telah memiliki pengalaman yang mumpuni, barulah pada saat itu kamu bisa memutuskan untuk memulai menjalankan bisnis EO sendiri.
Saya yakin bisa walaupun tanpa pengalaman di bisnis ini! Jangan pernah mengatakan kalimat tersebut, sebab tanpa pengalaman yang cukup dan memadai akan membawa kamu ke permasalahan yang rumit di dalam bisnis EO. Ingatlah, bisnis EO membutuhkan banyak penanganan di sejumlah kegiatan yang artinya memerlukan bayak keahlian khusus. Keahlian khusus tersebut belum tentu ada dan dimiliki oleh semua orang yang akan menjalankan bisnis EO.
Baca Juga:
Event-event Pameran dengan Beragam Tema dan Konsep yang Menarik
Lalu bagaimana caranya agar dapat memiliki pengalaman yang baik pada bisnis EO? Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah ikut bergabung ke dalam bisnis EO milik orang lain terlebih dahulu. Bergabung ke dalam bisnis EO milik orang lain akan membuat kamu dapat belajar banyak hal yang berkaitan dengan bisnis. Sehingga di saat kamu akan memulai bisnis sendiri akan menjadi lebih mudah dibandingkan tidak belajar sama sekali.
Apa saja yang akan dipelajari saat bergabung di bisnis orang lain? Banyak sekali sobat. Di antaranya, kamu akan belajar mengatur banyak hal yang semua itu membutuhkan koordinasi dan juga pengalaman yang baik. Di sana kamu juga akan bertemu dengan banyak sekali orang yang memiliki sifat berbeda-beda. Sehingga kamu dapat belajar menghadapi berbagai karakter yang dimiliki konsumen dan mengatur para staf.
2. Bentuk tim khusus yang solid
Saat menjalankan bisnis event organizer, kamu akan bertemu dengan berbagai macam klien dengan beragam kebutuhan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Artinya, kamu akan menjalankan berbagai acara yang membutuhkan berbagai keahlian yang baik. Dengan demikian, sangat tidak mungkin jika kamu hanya mengandalkan diri sendiri saat akan menjalankan bisnis EO.
Kamu butuh tim. Sebuah tim yang solid yang dapat melengkapi satu sama lainnya. Memiliki anggota tim dengan spesialisasi keahlian masing-masing akan menjadikan mereka dapat memberikan hasil kerja terbaik. Hasil kerja terbaik inilah yang nantinya akan dilihat dan diapresiasi oleh pihak penyelanggara yang menggunakan jasa EO kamu.
Baca Juga:
Perbedaan Antara Event Planner & Event Coordinator
Bagaimana agar dapat menemukan tim kerja yang solid dan terbaik? Tim yang solid tidak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat. Kamu memerlukan banyak waktu saat akan memilih dan membangun sebuah tim kerja. Jadi, bersabarlah untuk menemukan orang-orang terbaik tersebut.
Apa saja yang harus ada di dalam sebuah tim kerja? Sebenarnya, jawabannya relatif dan sangat tergantung dengan besar kecil acara dan kompleksitas acaranya. Namun, sebagai gambarannya, beberapa pihak yang perlu ada di dalam tim kerja adalah penanggung jawab acara, perlengkapan, konsumsi, dan staf yang mengatur dana. Selain itu, dengan adanya tim yang solid akan menghadirkan suasana kerja yang menyenangkan dan dapat memunculkan ide-ide yang brilian untuk mendukung acara.
3. Modal yang cukup
Menjalankan bisnis membuat kamu perlu mempersiapkan modal sebagai dana untuk menjalankan usaha nantinya. Saat kamu menjalankan bisnis EO, pastikan sejumlah modal yang dibutuhkan cukup untuk menjalankan bisnis ini. Sebab, saat berbisnis EO pada umumnya setiap acara yang ditangani pembayarannya dilakukan secara bertahap bukan sekaligus.
Sebagian besar konsumen akan melakukan pembayaran separuh dari total biaya di awal dan baru akan melunasi semuanya di akhir acara. Hal itu membuat kamu perlu mengantisipasi dengan baik. Kamu perlu memiliki sejumlah modal yang cukup untuk menutupi berbagai kebutuhan acara terlebih dahulu.
4. Bersabar & cepat belajar
Apapun jenis bisnis yang akan kamu jalankan pasti ada kemungkinan untuk mengalami kendala dan masalah di kemudian hari. Artinya, bisnis EO juga memiliki resiko terjadinya masalah di kemudian hari yang mau tidak mau harus kamu hadapi.
Bisnis EO mengharuskan kamu untuk bekerja sama dengan berbagai orang dengan perbedaan karakter. Perbedaan pendapat di berbagai hal pasti bisa saja terjadi saat kamu menjalankan bisnis ini.
Baca Juga:
Menarik! Ini 15 Event Wisata Untuk Kamu Saksikan di Bulan September
Selain itu, kamu juga harus memenuhi setiap permintaan klien atas proyek yang sedang dijalankan. Butuh kesabaran yang tinggi agar kamu dapat menghadapi banyak sekali karakter klien saat berbisnis. Tambah juga kemampuan untuk menjadi orang yang cepat belajar dari kondisi yang kurang baik. Sehingga kamu dapat mengantisipasi setiap kemungkinan masalah yang bisa terjadi nantinya.
Selain belajar mengatasi masalah yang mungkin saja muncul dalam bisnis, kamu juga harus mengikuti perkembangan dan setiap tren yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Hal ini perlu kamu lakukan terutama bisnis EO yang berhubungan dengan acara pernikahan.
Apa pentingnya untuk mengikuti perkembangan tren yang ada? Dengan mengikuti sebuah tren acara, klien dapat merasa puas saat mereka telah mempercayakan acara mereka di tangan kamu.
5. Perluas relasi
Salah satu peluang agar dapat sukses menjalankan bisnis adalah dengan memperluas relasi yang kamu miliki. Kamu membutuhkan kemampuan untuk membangun relasi yang kuat di mana hal tersebut akan menjadi langkah awal untuk mendatangkan lebih banyak konsumen.
Ingatlah, relasi harus kamu jaga dan pertahankan. Sebab, hubungan yang baik dan terjaga akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan rekomendasi klien potensial di dalam bisnis EO.
6. Kreativitas yang tinggi
Bisnis EO sangat membutuhkan kreativitas yang tinggi agar kamu dapat memberikan kepuasan kepada para klien yang ada. Dengan imajinasi dan kreativitas yang tinggi akan membuat kamu cepat berkembang dan dapat mengikuti tren yang sedang berlangsung.
Jangan biarkan klien merasa bosan dengan konsep yang itu-itu saja. Kreativitas yang tinggi akan menciptakan kesan yang baik di dalam acara terutama untuk acara-acara yang istimewa seperti ulang tahun dan juga pernikahan.
Baca Juga:
Tujuan Mendatangi Event, Mulai dari Cuci Mata Sampai Keperluan Bisnis
7. Miliki website perusahaan dan media sosial
Kita hidup di zaman yang semakin dimudahkan dengan adanya teknologi informasi di dunia. Kemajuan zaman tersebut harus dapat kamu optimalkan untuk melakukan promosi melalui berbagai media yang tepat.
Kamu harus memiliki sebuah website dan media sosial resmi agar dapat digunakan sebagai alat mempromosikan berbagai hal terkait dengan bisnis EO kepada khalayak ramai. Media dapat membantu kamu untuk mendatangkan lebih banyak klien dan juga relasi. Semakin besar dan luas relasi yang kamu miliki akan membantu kamu mendapatkan kesuksesan yang diinginkan.
Tips Dalam Menjalankan Bisnis EO
1. Miliki sebuah konsep
Konsep yang tepat dapat memberi gambaran kualitas acara yang akan berlangsung. Konsep yang baik dan tepat berasal dari kreativitas yang dimiliki oleh kamu dan tim kerja yang ada. Semua hal mulai dari ide acara, relasi yang diperlukan agar dapat melengkapi acara, penataan panggung membutuhkan konsep yang matang.
Selain itu, konsep yang dimiliki harus sejalan di antara pihak event organizer dengan pihak yang memiliki acara. Mengapa hal tersebut penting? Di saat kedua belah pihak dapat menyatukan pemikiran bersama akan membuat acara yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.
2. Upgrade terus tim kamu
Seperti yang telah kami jelaskan pada bagian sebelumnya, tim yang solid dan kuat merupakan aset yang sangat penting untuk kamu miliki. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memastikan tim yang dimiliki merupakan tim terbaik dengan komposisi yang tepat.
Sebab, jika satu orang saja anggota tim tidak bekerja secara maksimal dapat mempengaruhi kesuksesan acara yang kamu tangani secara keseluruhan.
Baca Juga:
Kuliah di Jurusan Event Management, Apa Saja yang Kamu Pelajari?
Melakukan evaluasi secara berkala merupakan hal mutlak yang perlu dilakukan. Kamu dapat menyisihkan waktu untuk bersama-sama dengan tim kerja di luar jam kerja. Sehingga kamu dan anggota tim dapat membicarakan berbagai hal yang lebih santai terkait dengan kemajuan bisnis yang akan dijalankan.
Jangan pernah membiarkan bisnis mendapatkan gangguan berupa tim kerja yang lemah pada beberapa bagian. Hal ini sangat berbahaya, jangan pernah lakukan sekali saja dalam bisnis event organizer.
3. Lakukan persiapan matang
Laukan pengecekan sekali lagi untuk memastikan bahwa semua hal telah siap. Lakukan gladi kotor dan gladi bersih sebaik mungkin agar acara yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.
4. Percaya bahwa acara dapat berjalan lancar
Jika semua persiapan telah selesai kamu lakukan, tim event telah dibentuk, dan semua konsep telah dirancang dengan baik. Maka, tibalah waktu pelaksanaan acara dan kamu harus memastikan bahwa semua yang telah direncanakan dapat berjalan lancar. Jika ada kejadian yang tidak terduga di saat berjalannya acara, kamu harus dapat mengambil keputusan dengan cepat.
Dengan berlangsungnya acara dengan baik dan juga lancar akan menjadikan keparcayaan klien akan meningkat kepada kamu. Klien yang puas bukan tidak mungkin akan menggunakan kembali jasa EO yang ditawarkan dan memberikan rekomendasi kepada orang lain atas jasa yang kamu sediakan.
Bisnis event organizer merupakan peluang usaha yang sangat baik untuk kamu jalankan, sebab potensi keuntungan yang masih terbuka lebar ke depannya. Dengan berbisnis EO, kamu bukan hanya membantu pihak penyelengga menyukseskan acara mereka tetapi juga berhubungan dengan pundi-pundi keuangan yang bisa didapatkan.
Bagaimana? Tertarik untuk berbisnis event organizer? Semoga informasi di atas dapat menginspirasi dan menambah pengetahuan yang kamu miliki. (wa/ut)