Home Beauty Kiat Bisnis Salon Kecantikan untuk Menarik Konsumen Anak Muda

Kiat Bisnis Salon Kecantikan untuk Menarik Konsumen Anak Muda

Cara menarik cewek muda milenial treament perawatan ke salon spa kecantikan
Ilustrasi | Foto: Freestock.com

Highlight.ID – Kaum milenial yang saat ini tergolong usia produktif menjadi sasaran tepat untuk sebuah bisnis, karena mereka adalah konsumen yang mendominasi pasar. Mereka akan menggandrungi berbagai produk bisnis yang sekiranya bermanfaat untuk kelangsungan hidup mereka. Salah satunya, bisnis salon yang saat ini banyak diminati kalangan muda yang ingin memiliki tampilan cantik dan menarik. Mereka tidak segan mengeluarkan biaya yang tak sedikit agar dapat mengubah penampilannya menjadi lebih menawan.

Agar sebuah bisnis salon kecantikan tepat sasaran, maka ada hal yang perlu diketahui untuk menarik perhatian mereka. Namun sebelumnya, kamu harus memahami karakter para kaum milenial yang berbeda dengan sifat generasi sebelumnya. Jadikan produk penjualanmu diterima oleh mereka dengan penjualan lebih spesifik yang ditujukan untuk anak-anak muda. Berikut sifat kaum milenial yang harus diketahui.



Sifat/Karakteristik Anak Muda Zaman Now

Lebih percaya informasi dua arah

Saat ini, sudah banyak berita yang menyebarkan ceria hoax. Mereka para kaum milenial, tidak semudah itu percaya dengan hal-hal tersebut. Mereka lebih menyukai konten maupun informasi yang dibuat sesuai pengalaman seseorang daripada suatu iklan.

Sebelum membeli suatu produk, mereka memilih untuk melihat review-nya terlebih dahulu di sebuah situs internet. Mereka juga tidak merasa takut maupun sungkan untuk memberikan komentar negatif terhadap produk yang sekiranya merusak pengalamannya.

Baca juga:

Lebih mengandalkan ponsel

Mereka lahir di masa teknologi yang maju dan peran internet yang sangat berpengaruh untuk hidupnya. Menurut mereka, informasi dari Google maupun perbincangan forum yang didapat dari ponselnya jauh lebih akurat. Teknologi digital saat ini sudah sangat merasuk ke dalam aktivitas harian mereka, sehingga tidak dapat lepas dari ponselnya.

Kurang suka membaca

Generasi milenial  yang suka membaca buku saat sudah sangat menurun dibandingkan era sebelumnya. Meskipun masih ada orang yang gemar membaca buku, banyak di antara mereka yang lebih memilih untuk membaca melalui buku online daripada membeli di toko buku. Selain itu, mereka lebih suka dengan melihat sebuah gambar, apalagi jika gambar tersebut memiliki spektrum warna yang menarik.

Wajib memiliki media sosial

Generasi milenial memiliki cara berkomunikasi yang sangat lancar. Komunikasi yang dimaksud bukanlah sekadar perbincangan dengan bertatap wajah saja melainkan dengan chatting di dunia maya. Secara ekspresif, mereka akan menuliskan profil pribadi tentang dirinya di media sosial. Hal itu bertujuan agar semua orang yang baca tahu tentang dirinya. Menurut mereka, media sosial adalah tempat yang tepat untuk berekspresi dan komunikasi.

Melakukan transaksi nontunai

Seiring majunya perkembangan teknologi membuat para milenial memilih untuk melakukan transaksi dengan cara nontunai. Hal ini dilakukan karena mereka tidak ingin repot membawa uang karena hampir semua pelayanan dapat dibayar dengan menggunakan kartu. Dari mulai alat transportasi yang dibayar dengan hanya tapping kartu saja sampai berbelanja kebutuhan melalui situs online atau melalui toko aktual.


Dengan adanya penjelasan tadi, kamu dapat menggambarkan bagaimana karakter para generasi milenial agar bisnis kita diserbu oleh mereka. Kamu perlu tahu apa yang mereka butuhkan dan kebiasaan apa yang mereka lakukan. Hal itulah yang dapat membawa sebuah bisnis tepat pada sasarannya.

Strategi Pemasaran Agar Salon Kecantikan Makin Banyak Pelanggan

Untuk membuat salon kamu berhasil dilirik oleh generasi muda masa kini, kamu butuh tahu cara pemasaran salon yang tepat. Tujuannya, agar anak muda tertarik datang ke salon dan melakukan berbagai macam perawatan.

1. Tawarkan sesuatu yang spesial

Kebanyakan orang menyukai sesuatu yang gratis. Tawarkan beberapa layanan tambahan yang tidak perlu membuat mereka mengeluarkan biaya lagi. Misalnya dengan memberikan diskon untuk pelayanan tertentu atau memberikan pelayanan gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini akan membuat mereka ketagihan dan tertarik untuk berkunjung lagi ke salonmu.

2. Memiliki akun Instagram

Untuk menarik perhatian mereka, buatlah akun Instagram yang berisi foto tentang kondisi salonmu seperti warna temboknya yang menarik, alat-alat salon yang beragam fungsi dan warna, atau fasilitas lainnnya dengan kebersihan yang baik agar mereka penasaran dengan kualitas yang dimiliki oleh salonmu.

Jangan lupa juga untuk memperlihatkan proses perawatan beserta hasilnya. Buatlah feeds Instagram yang membuat siapa pun tertarik saat stalking ke dalam akun Instagram salon kamu.

3. Buat video yang berisi testimoni

Yakinkan mereka dengan menunjukkan produk perawatan yang sekiranya dapat membantu mereka dalam hal perawatan rambut. Lakukan sebuah review tentang produk yang kamu jual melalui video berdurasi pendek.

Baca juga:

Secara tidak langsung, hal ini adalah sebuah trik penjualan yang dapat menaikkan angka penjualanmu dengan menarik hati kaum milenial. Mereka yang penasaran dengan hasil pelayanan dan produk yang kamu jual pasti ingin mencobanya dan mampir ke salonmu.

4. Buatlah pengalaman eksklusif

Tidak hanya sekadar pelayanan yang ramah dan memuaskan. Kamu butuh beberapa sentuhan yang elegan untuk menarik perhatian mereka. Buatlah sesuatu yang unik seperti ruang khusus untuk manicure yang memiliki warna tembok lebih ceria dibanding ruang lainnya atau menawarkan berbagai pilihan minuman yang menghangatkan. Selain itu, kamu juga butuh untuk menciptakan sudut ruang yang terlihat keren dengan menambahkan home decor seperti sofa dengan bantal-bantal lucu untuk memberikan kesan homey bagi mereka.

5. Adakan event untuk promosi

Adakan sebuah kompetisi bagi para pelanggan agar mereka mem-posting gambar dengan tagar tertentu mengenai salon kamu di media sosial. Beri mereka, sebuah hadiah berupa diskon ataupun barang-barang unik jika postingan mereka adalah foto yang terbaik. Upaya ini ditujukan sebagai suatu promosi agar teman-teman mereka kaum milenial ikut tertarik dengan pengalaman yang diberikan oleh salon kamu.

Dengan mengetahui apa yang menjadi kebiasaan para kaum milenial dahulu, tentunya akan memudahkan kamu mencari cara menarik perhatian mereka. Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah memberikan layanan terbaik untuk mereka. Karena pelayanan terbaik akan membuat mereka tertarik untuk kembali lagi ke salon.