Home Beauty Langkah Perawatan Wajah yang Mudah untuk Kaum Pria

Langkah Perawatan Wajah yang Mudah untuk Kaum Pria

Tips langkah perawatan wajah kulit treatment pria produk skincare tepat
Ilustrasi | Foto: Ist.

Highlight.ID – Dengan begitu banyak jenis produk yang tersedia di pasaran, memilih produk perawatan kulit atau skincare terkadang membingungkan. Hal ini pula yang menyebabkan banyak pria tidak memiliki rutinitas dalam menjaga kulit wajah karena langkah-langkah yang dirasa rumit.

Saat menyinggung topik skincare, para pria kerap menjawab bahwa mereka memiliki rutinitas yang cukup sederhana. Perlu diketahui bahwa skincare yang efektif membutuhkan langkah yang lebih dari sekedar mencuci muka dengan sabun saja.

Memang terdapat beberapa perbedaan antara kulit wanita dan pria, seperti kulit pria juga diketahui lebih tebal dari wanita. Walau begitu, elemen dasar dari skincare yang efektif tetaplah sama. Mencuci wajah dan melembapkan wajah menjadi hal yang harus dilakukan setiap orang sebelum dan saat bangun tidur. Membuat rutinitas skincare dari awal hanya membutuhkan beberapa hal saja dan Anda bisa melihat seberapa besar perubahan yang terjadi pada kulit.

Ingin mendapatkan kulit yang bersih dan sehat? Simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan berikut ini!

Ketahui jenis kulit Anda

Dalam langkah awal skincare, peting adanya untuk bisa mengidentifikasi dan mengetahui pasti produk apa yang cocok dengan jenis kulit Anda. Kulit yang sensitif bisa terasa menyengat atau terbakar saat menggunakan produk yang tidak cocok, sedangkan kulit yang normal pada umumnya tidak sensitif dan tidak memiliki permasalahan yang besar saat memakai beberapa produk yang berbeda.

Kulit Anda akan termasuk kering jika terlihat ada kulit Anda pecah-pecah, gatal dan kasar. Sebaliknya, Anda dapat dikatakan memiliki kulit yang berminyak jika kulit terlihat mengilat dan menghasilkan minyak wajah yang berlebihan. Sementara jenis kulit kombinasi adalah campuran dari kulit yang kering di beberapa bagian dan berminyak di bagian lainnya.

Perhatikan label produk dan bahan yang digunakan

Produk skincare yang Anda pilih akan bergantung pada jenis kulit yang dimiliki. Apabila Anda memiliki kulit yang berjerawat, carilah produk yang memiliki label ‘bebas minyak’ untuk memastikan produk tidak menutup pori-pori kulit. Di lain sisi, untuk yang memiliki kulit sensitif bisa menggunakan produk ‘tanpa pewangi’ karena bahan-bahan tersebut cenderung membuat kulit menjadi iritasi dan terasa gatal.

Tidak sedikit yang menyepelekan langkah ini karena malas untuk membaca daftar bahan-bahan yang terkandung. Namun, Anda bisa mengetahui apa saja efek yang mungkin didapatkan dengan memperhatikan label pada produk dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Menggunakan sunscreen saat bepergian keluar

Paparan ultraviolet dari matahari terjadi setiap saat, baik saat cuaca sedang terik atau berawan. Dampak sinar UV ini dapat memunculkan bintik-bintik, kulit terbakar, kerutan, garis halus, bahkan kanker kulit. Melindungi kulit dari sinar matahari merupakan langkah yang penting dan Anda bisa melakukannya dengan menggunakan produk yang sesuai.

Carilah produk tabir surya atau sunscreen yang mengandung SPF untuk memastikan lapisan kulit Anda terlindungi. Baik saat akan bepergian dalam jangka waktu yang sebentar atau lama, gunakan minimal SPF 30 untuk mencegah sinar UV terserap hingga ke dalam kulit. Anda juga disarankan untuk tetap menggunakan tabir surya saat berada di dalam rumah untuk tetap terlindung dari sinar UV.

Gunakan produk pelembap setiap hari

Menggunakan produk pelembap dapat mencegah kulit dehidrasi, membantu mengencangkan kulit, dan memberikan nutrisi yang hilang saat mencuci wajah. Tidak hanya itu, menggunakan pelembap wajah juga dapat memberikan perlindungan tambahan pada kulit. Hal ini dapat membantu memastikan kotoran tidak menempel dan menutup pori-pori kulit.

Seberapa banyak moisturizer yang dibutuhkan dapat bergantung pada cuaca dan jenis kulit Anda. Untuk yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan moisturizer dengan jumlah yang sedikit atau memilih produk yang ditujukan bagi kulit berminyak. Hal itu juga berlaku sebaliknya, Anda bisa menggunakan lebih banyak moisturizer untuk kulit kering agar kulit dapat terhidrasi dengan baik.

Cuci wajah Anda setiap hari

Saat mencuci dan membilas wajah, segala jenis kotoran, noda, dan minyak berlebih yang ada pada kulit wajah akan dibersihkan. Hal ini akan mencegah pori-pori tersumbat, jerawat, dan kekusaman. Pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar tidak memunculkan permasalahan kulit yang tidak diinginkan. Lakukan langkah ini setiap Anda bangun tidur dan sebelum tidur untuk efek yang maksimal.

Itu dia langkah perawatan wajah yang bisa dicoba untuk kaum pria. Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih mengenai produk dan perawatan yang tepat, Anda bisa konsultasi pada dokter sebelum melakukan perawatan. Selamat mencoba!