Home Business Tips Sederhana untuk Memilih Sepatu Pria yang Tepat

Tips Sederhana untuk Memilih Sepatu Pria yang Tepat

Tips sederhana untuk memilih sepatu cowok yang paling tepat
Cara memilih sepatu pria | Foto: Unsplash/Reinhart Julian

Highlight.ID – Tahukah sobat seberapa rapi penampilan sobat dan sekeren apapun, khususnya untuk para lelaki, sepatu mempunyai peranan paling penting dan besar dalam menentukan karakter, sifat, dan juga bahkan kerapian? Ya, bahkan jika kalian tahu pemain basket terkenal Russell Westbrook pernah berkata: “Segila dan seheboh apapun pakaian dan celana yang kalian pakai, tetapi jika menggunakan sepatu yang tepat maka kalian telah memenangkan gaya fashion kalian.”

Kalimat ini tentu saja merupakan statement yang keras, namun memang benar, sepatu lah yang menandakan preferensi seorang cowok terhadap fesyen. Jenis dan kualitas sepatu yang sobat pakai menandakan seberapa tinggi kamu menghargai diri kamu. Sepatu pun ada bermacam-macam kegunaannya mulai dari jalan-jalan, sepatu rumahan, sepatu kerja, sepatu kampus, hingga sepatu sepatu sekolah.



Pemilihan sepatu yang tepat bisa saja mendongkrak tingkat kepercayaan diri. Bukan hanya sebatas fungsinya sebagai alas kaki, sepatu juga menandakan seberapa pentingnya style fesyen dalam diri cowok. Namun bukan hanya untuk gaya, tahukah sobat bahwa sepatu yang kalian pilih juga harus terbuat dari bahan terbaik dengan kualitas yang bagus. Tentunya, kamu nggak bakal memilih sepatu hanya karena harganya yang murah, bukan?

Tiap harinya, sepatu menahan seluruh berat badan kita setiap kita jalan apalagi ketika naik-turun tangga. Jika kita tidak memilih sepatu dengan benar dan penuh pertimbangan, bisa-bisa kaki kita sakit hingga cidera. Nah, buat kamu yang mau beli sepatu baru, inilah tips-tips memilih sepatu yang benar. Kita simak saja, yuk!

Baca juga:

Cara Memilih Sepatu Cowok yang Benar

Gunakan sepatu yang benar sesuai dengan keadaan

Menentukan sepatu mana yang akan digunakan untuk acara spesial, ke kantor, jalan-jalan ke mall, ke sekolah/kampus memang tidak gampang. Bahkan memilih sepatu bisa menjadi lebih susah dari pada memilih pakaian kita. Satu hal yang paling penting, perhatikan kegunaan sepatu yang akan kamu pakai.

Kegunaan dari sepatu lari adalah untuk berlari, jogging, atau olahraga. Sedangkan kegunaan sepatu kantor adalah untuk memproteksi kaki kita pada saat sedang bekerja, begitu juga dengan boots dan lainnya. Memang, seringkali memakai sepatu nggak harus sesuai dengan kegunannya. Namun paling tidak kamu harus bisa membedakan antara sepatu yang formal, informal dan casual serta tahu kapan dan di mana sepatu yang hendak dipakai.

Meski terdengar sepele, tapi banyak orang yang nggak bisa membedakan ini, loh. Contohnya begini, sepatu sneaker dapat dipakai untuk berbagai macam kegiatan seperti olah raga atau jalan-jalan ke mall. Sedangkan sepatu oxford yang berkesan lebih formal dapat kamu pakai untuk pergi ke kantor, acara pernikahan, atau acara-acara spesial lainnya.

Tips sederhana untuk memilih sepatu cowok yang paling tepat
Cara memilih sepatu pria | Foto: Unsplash/Greg Rosenke

Perhatikan kualitas sepatu

Kamu tentunya nggak akan membeli sepatu yang gampang rusak setelah dipakai beberapa kali, bukan? Nah, oleh sebab itu, kualitas sepatu harus menjadi pertimbangan utama yang harus kamu pikirkan. Menilai kualitas sepatu dapat dilakukan dengan melihat jenis bahan sepatu yang digunakan. Misal, sepatu yang terbuat dari kulit sapi asli tentu lebih awet dibandingkan dengan sepatu berbahan kulit sintesis.

Kualitas pasti akan memengaruhi harga sepatu di mana sepatu bermerek original yang mahal umumnya lebih awet dibandingkan dengan sepatu KW yang murah. Namun itu nggak menjamin bahwa sepatu yang mahal bakalan awet. Awet atau tidaknya sepatu tergantung pada bagaimana cara kamu menggunakan dan merawat sepatu.

Memang tidak semua orang bisa membeli sepatu berkualitas. Namun ada baiknya sobat mengumpulkan dan menabung uang untuk sepatu yang berkualitas daripada membeli sepatu baru dengan kualitas tidak baik. Dengan membeli sepatu berkualitas, baik sadar maupun tidak, kamu akan lebih menghargai dan menjaga sepatu kita loh. Karena kamu tahu seberapa tinggi kualitas dan harga sepatu tersebut.


 

Kenyamanan itu penting!

Selalu beli sepatu yang sesuai ukuran, walaupun kamu harus membayar uang extra untuk sepatu yang paling pas sesuai denan ukuran kakimu. Jangan membeli sepatu yang kamu inginkan tapi tidak ada size-nya. Jika hal itu tetap kamu lakukan, maka jangan salahkan siapapun jika sepatu yang kamu pakaia tidak terasa nyaman sama sekali. Bahkan, yang paling parah, sepatu yang tidak sesuai ukuran kaki dapat membuatmu cidera.

Kebanyakan orang hanya melihat sepatu yang paling pas di kaki mereka. Itu adalah kesalahan yang banyak orang tidak menyadarinya. Selain ukuran sepatu, perhatikan juga lebar dan bentuk kakimu. Setiap merek sepatu mempunyai panduan ukuran (size chart) yang berbeda-beda pula. Nah, ini juga harus kamu pertimbangkan.

Jika membeli secara offline di toko fisik, maka memilih sepatu yang paling pas di kaki mungkin nggak terlalu menjadi masalah karena kamu dapat mencobanya secara langsung. Namun jika kamu berbelanja sepatu online, maka memilih sepatu dengan ukuran yang pas bisa menjadi hal yang cukup menyita pikiran. Jadi sekali lagi, perhatikan ukuran, lebar, panjang sepatu dan kakimu. Selain itu, pertimbangkan pula bagian-bagian sepatu sepatu sepatu insole, outersole, midsole hingga bagian atas sepatu (upper). Jika ini kamu terapkan, maka kamu nggak bakalan salah memilih sepatu.

Baca juga:

Jagalah dan rawat sepatu baik-baik

Terakhir, namun menjadi poin yang juga penting, kamu harus merawat sepatu dengan baik. Untuk sepatu kulit, semirlah setiap 1 minggu sekali. Sedangkan untuk sepatu olah raga atau sneaker, gunakan kapas, tissue, atau kain lap, dan air. Lalu, lap pelan-pelan bagian ujung hingga belakang sepatu supaya tetap bersih apalagi jika sepatu tersebut berwarna putih.

Simpan sepatu dengan baik di lemari atau rak sepatu. Dan selalu pastikan simpan sepatu di dalam tempat yang bersih, tertutup dan ada lubang terbuka untuk sirkulasi bersama dengan biji kopi. Tujuannya, agar sepatu tidak menimbulkan bau dan tetap terjaga kualitasnya.

Selalu ingat sobat, pakaian hingga sepatu yang kamu kenakan dapat ‘berbicara’ tentang kepribadian dan citra dirimu. Orang yang selau memakai sepatu sneaker dalam setiap kesempatan berkesan stylish, fashionable, dan muda. Sedangkan sepatu formal memberi kesan tegas, berwibawa, dan dewasa. So, bagaimana kamu ingin dinilai oleh orang lain, itu dapat tergantung pada sepatu yang kamu pakai. (so/se)