Home Lifestyle Pengin Liburan? Ini Cara Traveling Hemat a la Backpacker

Pengin Liburan? Ini Cara Traveling Hemat a la Backpacker

tips backpacker traveling hemat
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com

Highlight.ID – Travelong seringkali diidentikkan dengan pengelluaran anggaran yang tidak sedikit. Tapi hal ini gak berlaku sepenuhhnya bagi seorang backpacker sejati. Bagi mereka, budget yang terbatas bukan lah halangan untuk bepergian ke mana saja. Sesuai namanya, backpacker mempunyai ciri-ciri yang mudah dikenali. Ciri yang paling mencolok yaitu mereka selalu membawa tas ransel berukuran besar.

Selain itu, preferensi berwisata backpacker berbeda dengan kebanyakan wisatawan pada umumnya. Backpacker suka mencari destinasi wisata yang gak mainstream dan mungkin jarang diketahui banyak orang. Boleh dibilang, backpacker paling senang mencari hidden gems yang ada di suatu wilayah.

Apa itu Backpacker?

Backpacker adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang melakukan perjalanan dengan membawa semua perlengkapan mereka dalam sebuah ransel (backpack). Biasanya, seorang backpacker melakukan perjalanan secara mandiri, terutama dengan anggaran terbatas, dan cenderung lebih fleksibel dalam rencana perjalanan mereka.

Tujuan utama dari backpacking adalah untuk mengalami dan menjelajahi tempat-tempat baru, budaya, dan pengalaman lokal dengan cara yang lebih dekat dan lebih pribadi daripada tur konvensional. Biasanya, backpacker lebih suka menginap di akomodasi yang lebih sederhana dan murah, seperti hostel atau guesthouse. Mereka lebih memilih transportasi umum atau berjalan kaki daripada menggunakan transportasi pribadi atau tur.

Baca Juga:
Tips Sederhana Agar Traveling Kamu Lebih Berkesan

Ciri-ciri Backpacker

Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari seorang backpacker:

1. Membawa ransel

Seorang backpacker biasanya membawa semua perlengkapan dan barang-barang pribadi mereka dalam sebuah ransel yang nyaman dan fungsional.

2. Anggaran terbatas

Backpacker cenderung memiliki anggaran perjalanan yang terbatas dan mencari cara untuk menghemat biaya, seperti menginap di hostel murah atau memilih transportasi umum.

3.  Fleksibilitas

Backpacker fleksibel dalam perencanaan perjalanan mereka. Mereka bisa merubah rencana perjalanan mereka secara spontan sesuai dengan situasi atau rekomendasi lokal yang mereka dapatkan.

tips backpacker traveling hemat
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com

4. Menghindari turisme massal

Backpacker cenderung mencari pengalaman yang lebih otentik dan mendalam dengan menghindari atraksi turistik yang ramai atau komersial.

5. Interaksi dengan lokal

Mereka tertarik untuk berinteraksi dengan penduduk lokal, memahami budaya, dan belajar dari pengalaman lokal yang autentik.

6. Mencari petualangan

Backpacker biasanya mencari petualangan dan pengalaman baru, termasuk trekking, camping, atau aktivitas luar ruangan lainnya.

7.  Memiliki mentalitas berkelanjutan

Mereka sering mempertimbangkan dampak lingkungan dari perjalanan mereka dan berusaha untuk menjaga jejak karbon dan lingkungan tetap minim.

8.  Belajar & pertumbuhan pribadi

Backpacker sering melihat perjalanan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh secara pribadi, menghadapi tantangan baru, dan mengembangkan keterampilan adaptasi.

Ciri-ciri ini tidak mutlak, dan setiap individu backpacker bisa memiliki preferensi dan gaya perjalanan yang berbeda-beda. Namun, secara umum, backpacker cenderung mencari pengalaman perjalanan yang lebih mendalam, berorientasi pada petualangan, dan memaksimalkan interaksi dengan budaya lokal.

Traveling Hemat a la Backpacker

Menjadi seorang backpacker melibatkan beberapa langkah dan persiapan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah cara-cara untuk memulai menjadi seorang backpacker:

1. Rencanakan perjalananmu

Tentukan tujuan perjalananmu dan buatlah rencana kasar untuk rute dan durasi perjalanan. Tentukan juga anggaran yang tersedia untuk perjalanan tersebut.

2.  Pilih ransel yang sesuai

Pilih ransel yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan ransel dapat menampung semua perlengkapan yang kamu butuhkan untuk perjalanan.

3. Packing dengan bijak

Pilih perlengkapan dan pakaian yang ringan, multifungsi, dan sesuai dengan tujuan perjalananmu. Bawa perlengkapan esensial seperti pakaian, obat-obatan, peralatan pribadi, dan perlengkapan pendukung lainnya.

4. Pilih akomodasi yang tepat

Cari akomodasi yang sesuai dengan anggaranmu, seperti hostel atau guesthouse. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk berkemah jika kamu melakukan perjalanan ke tempat yang cocok untuk camping.

5.  Pelajari transportasi lokal

Kenali pilihan transportasi umum atau alternatif lainnya di daerah tujuanmu. Ini bisa termasuk bus, kereta, feri, atau transportasi lokal lainnya yang dapat menghemat biaya dan memberikan pengalaman lokal yang lebih autentik.

Baca Juga:
Hobi Traveling? Jenis-jenis Hotel Ini Bisa Menjadi Pilihan untuk Menginap

6.  Belajar bahasa atau istilah lokal

Memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa atau istilah lokal bisa sangat membantu untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat dan memahami budaya mereka lebih baik.

7. Jadilah fleksibel

Siapkan dirimu untuk merencanakan ulang atau mengubah rencana perjalanan secara spontan. Fleksibilitas adalah kunci dalam perjalanan backpacking untuk mengatasi tantangan atau peluang yang muncul di sepanjang perjalanan.

8.  Jaga kesehatan & keamanan

Pastikan kamu mempertimbangkan aspek kesehatan dan keamanan selama perjalanan. Bawa obat-obatan atau perlengkapan medis yang mungkin kamu perlukan, serta pertimbangkan asuransi perjalanan jika diperlukan.

9.  Jalin hubungan sosial

Manfaatkan kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang budaya. Ini tidak hanya akan meningkatkan pengalamanmu, tetapi juga memberikan wawasan baru dan perspektif yang berharga.

10.  Nikmati petualanganmu

Yang terakhir dan yang terpenting, nikmati setiap momen dari petualanganmu sebagai seorang backpacker. Ambil pelajaran dari setiap pengalaman dan jadikan perjalanan ini sebagai sarana untuk pertumbuhan pribadi dan pengalaman yang tak terlupakan.

Dengan mempersiapkan diri dan memperhatikan detail-detail tersebut, kamu akan siap untuk memulai perjalanan sebagai seorang backpacker dan mengeksplorasi dunia dengan cara yang lebih mendalam dan terbuka.