Home News Events Inilah Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa di Ajang Piala Dunia

Inilah Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa di Ajang Piala Dunia

daftar list pencetak gol top scorer terbanyak pemain negara tim nasional negara piala dunia sejarah rekor sepanjang masa prestasi soccer sepak bola football olah raga turnamen kompetisi
Gambar: unsplash.com

Highlight.id – Turnamen World Cup selalu menyajikan hal-hal menarik terutama ketika para pemain sepak bola berlaga di lapangan hijau. Tentu saja, para penonton bola selalu menanti-natikan gol yang tercipta. Terciptanya gol bisa menjadi pemecah suasana dan membuat pertandingan semakin seru dan menegangkan.

Manakah tim yang akan menang? Dan, siapa yang akan mencetak gol dalam pertandingan? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan membuat pertandingan semakin greget. Maka tak heran, jika prediksi siapa tim yang menang dan siapa yang mencetak gol selalu menjadi bahan obrolan yang tak ada habisnya.




Sejumlah edisi Piala Dunia telah digelar dan selalu saja menciptakan pencetak gol terbanyak alias top scorer. Top scorer inilah yang diperebutkan oleh para pemain terutama pemain depan maupun gelandang yang berambisi meraih golden boot. Menariknya, sejumlah pemain Piala Dunia mampu menjadi top scorer selama beberapa masa. Para pemain Piala Dunia pun menjadi tertantang untuk bisa melewatinya.

Baca juga:

Daftar Top Scorer Piala Dunia

5Pelé

Gambar: indiatimes.com

Boleh dibilang, Pelé yang merupakan pemain timnas Brazil adalah bapaknya sepakbola. Sepanjang kariernya sebagai pemain timnas, Pelé sukses merebut Juara Piala Dunia sebanyak 3 kali. Bersama Brazil ia meraih Juara Piala Dunia pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko.

Pelé yang memulai kariernya sebagai pemain sepak bola di klub Santos menjadi pemain termuda pada Piala Dunia 1958 di Uni Soviet. Pada ajang tersebut, ia berhasil mencetak rekor dengan hattrick-nya ke gawang Perancis saat ia masih sangat muda, 17 tahun.

Rekor lain yang dipegang kini, yaitu menjadi pemain Brazil yang paling produktif dengan 77 gol. Total, ia berhasil mencetak 12 gol sepanjang kiprahnya di Piala Dunia.

4Just Fontaine

Gambar: sportsretriever.com

Karier Just Fontaine di level internasional dimulai pada tahun 1952 di mana ia berhasil mencetak tiga gol alias hattrick. Selama kariernya bersama timnas Perancis ia mencetak gol sebanyak 30 dalam 21 kali pertandingan.

Ia menjadi legenda sepakbola asal Perancis karena berhasil mencetak rekor dengan 13 gol pada 6 pertandingan dalam satu turnamen, yaitu pada Piala Dunia 1958. Jumlah itu termasuk empat gol yang ia lesakkan ke gawang Jerman Barat yang saat itu bertindak sebagai juara bertahan. Rekor yang sangat fantastis dan belum terkalahkan hingga kini.

3Gerd Müller

Gambar: youtube.com

Berkat kesuburannya dalam hal mencetak gol, Gerd Müller sempat dijuluki “Der Bomber”. Berbagai rekor pun ia ciptakan di antaranya mampu mengoleksi 365 gol selama bermain pada 427 pertandingan di Bundesliga. Di tim nasional, Gerd Müller menjadi pemain paling banyak mencetak gol sebanyak 68 gol sebelum akhirnya dilampaui oleh penerusnya, Miroslav Klose.

Peran Gerd Müller dalam mengangkat nama tim nasional Jerman (waktu itu masih bernama Jerman Barat) sangatlah besar. Pada Piala Dunia 1974, Gerd Müller yang saat itu berusia 28 tahun berhasil mencetak gol penentu kemenangan Jerman atas Belanda di Munich.

Pada turnamen tersebut ia berhasil menceploskan bola ke gawang lawan sebanyak empat kali. Empat tahun sebelumnya, Piala Dunia 1970, Gerd Müller menempati top scorer dengan 10 gol. Sehingga total gol yang telah dilesakkan selama Piala Dunia yaitu sebanyak 14 gol.

2Ronaldo

Gambar: lifefootball.net

Debut internasional Ronaldo di tim Seleção, Brazil dimulai pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Saat itu, ia yang masih berumur 17 tahun ikut dalam squad Brazil yang akhirnya menjadi juara, namun sama sekali tidak merumput. Ia baru bermain untuk Brazil pada ajang Olimpiade 1996 di Atlanta.

Permainan dan prestasi Ronaldo di level klub bersama FC Barcelona dan Inter Milan yang ciamik membuat Brazil difavoritkan sebagai juara pada Piala Dunia 1998 di Perancis. Dalam turnamen ini, Ronaldo mengoleksi 4 gol meski timnya tidak berhasil menggondol piala karena kalah dari tuan rumah Perancis di babak final.

Empat tahun kemudian, Ronaldo semakin menunjukkan tajinya. Bersama Rivaldo dan Ronaldinho, Ronaldo menjadi bagian dari trio penyerang Brazil yang amat ditakuti lawan. Ia pun berhasil merasakan manisnya menjadi juara Piala Dunia bersama tim Samba, Brazil.

Pada Piala Dunia 2006, Ronaldo banyak mendapatkan kritikan karena badannya yang gempal. Akibat bentuk tubuhnya yang gemuk, Ronaldo dianggap tidak layak untuk bermain di lapangan hijau. Meskipun begitu, Ronaldo masih bisa membuktikan bahwa ia adalah stiker yang handal. Golnya ke gawang Ghana membuatnya berhasil menjadi top skorer Piala Dunia dengan raihan 15 gol, unggul 1 angka dari Gerd Muller.

1Miroslav Klose

Gambar: elespectador.com

Empat kali sudah Miroslav Klose mengikuti Piala Dunia membela negaranya Jerman, yaitu pada tahun 2002, 2006, 2010, dan 2014. Dua di antaranya, Miroslav Klose bersama timnya berhasil masuk ke babak final. Piala Dunia 2014 adalah momen yang sangat dikenang tak hanya bagi bagi rakyat Jerman tapi juga bagi dirinya. Saat itu, tim nasional Jerman berhasil menjadi juara Piala Dunia untuk yang keempat kalinya. Keberhasilan Miroslav Klose bersama timnya pada Piala Dunia 2014 menjadi penawar atas kegagalan mereka pada final Piala Dunia 2002.

Karier Miroslav Klose di Piala Dunia sungguh cemerlang. Ia berhasil menorehkan namanya dengan tinta emas sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia dengan torehan 16 gol. Melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Ronaldo, penyerang asal Brazil. Gol Miroslav Klose di menit ke-23 pada semi final saat mengalahkan tuan rumah Brazil 7-1 menjadi penasbihan dirinya sebagai top scorer Piala Dunia sepanjang masa.

Namun Miroslav Klose ternyata juga memecahkan rekor lain pada pertandingan yang sama. Yaitu sebagai pemain pertama yang berlaga di 4 semi final Piala Dunia secara berturut-turut. Sebuah rekor fantastis yang sulit dilampaui oleh pemain manapun. Di timnas Jerman sendiri, Miroslav Klose meraih prestasi mengagumkan dengan 71 gol sepanjang karier internasionalnya.

Pencetak gol dalam pertandingan selalu dielu-elukan apalagi jika menjadi penentu kemenangan dalam sebuah pertandingan. Yang membuat pencinta bola penasaran: Siapakah calon pencetak gol terbanyak Piala Dunia kali ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here