Home Beauty Treatment Kecantikan Layaknya Puteri Keraton di Taman Sari Royal Heritage Spa

Treatment Kecantikan Layaknya Puteri Keraton di Taman Sari Royal Heritage Spa

spa salon kecantikan taman sari royal heritage spa mustika ratu treatment servis layanan therapist cewek jenis macam pameran franchise peluang bisnis
Booth Taman Sari Royal Heritage Spa di pameran IFRA 2019 | Foto: Highlight.ID

Highlight.ID – Istana Air Taman Sari yang merupakan bagian dari Kraton Yogyakarta menjadi inspirasi lahirnya Taman Sari Royal Heritage Spa. Mengedepankan budaya tradisional Jawa dan konsep ‘solus per aqua’, Taman Sari Royal Heritage Spa berada di bawah naungan PT Mustika Ratu yang didirikan oleh DR. BRA. Mooryati Soedibyo. Selama ini, Mustika Ratu dikenal sebagai brand kosmetik lokal dengan beragam varian produk seperti lipstik, bedak, dan sebagainya.

“Memang kita sudah dikenal sebagai pembuat atau produsen kosmetik, tapi kita juga punya spa. Sesuai konsep Mustika Ratu untuk merawat dan menjaga kecantikan paripurna untuk seluruh wanita Indonesia. Jadi nggak cuma dari luar, makeup dan kosmetik, tapi juga inner beauty,” kata Angga Herlambang, Franchise Supervisor Taman Sari Royal Heritage Spa di Pameran IFRA 2019.




Menurut Angga, Taman Sari Royal Heritage Spa menggabungkan unsur tradisional dan warisan budaya Jawa dengan produk-produk kosmetik berbahan alami sebagai resep rahasia kecantikan ala bangsawan kraton.”Semua produk perawatan spa di Mustika Ratu tentunya dibuat dari bahan-bahan alam,” kata dia.

Pendiri Mustika Ratu, DR. BRA. Mooryati Soedibyo merupakan cucu Susuhunan X atau keturunan bangsawan Kraton Surakarta. Hal itu menjadi alasan kenapa Mustika Ratu memiliki kepedulian untuk mengangkat dan melestarikan budaya Jawa. Angga menjelaskan, “Beliau dengan pengalamannya dan ilmu yang didapat dari dalam (lingkungan) kraton, dari cara bikin jamu, ramuan rempah-rempah untuk menghasilkan produk-produk kecantikan wajah, kulit, rambut bahkan hingga organ kewanitaan.”

Baca juga:

Salah satu outlet Taman Sari Royal Heritage Spa yang berada di Jl. Wahid Hasyim Jakarta Pusat telah ditetapkan destinasi wisata budaya oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Daniella Grace Krestianto, Puteri Sosial Kepulauan Puteri Indonesia 2019 mengaku pernah berkunjung ke sana. “Saat kita masuk, kita mendengarkan irama lagu gamelan. Jadi itu akan menenangkan,” ujarnya.

Tamu yang masuk ke Taman Sari Royal Heritage Spa akan merasa rileks bahkan sebelum merasakan treatment yang dilakukan oleh para terapis. Angga mengatakan, “Ketika kita buka pintu spa, kita sudah dimanjakan. Pertama dari hidung. Aromaterapi kita (menggunakan) essential oil dari khas Jawa, (seperti) jasmine, sandalwood, ginger. Kita (juga) mendengar sayup-sayup gamelan Jawa, kita melihat pemandangan bunga-bunga, ukiran-ukiran kayu, dan gemericik air.”

Angga menjelaskan bahwa salah satu treatment Taman Sari Royal Heritage Spa yang paling diminati yakni Javanese Traditional Massage. Perawatan dengan durasi 1 jam ini meliputi cuci kaki dengan bunga dan pijat tradisional oleh terapis dengan teknik tertentu. “Semua terapis kita telah lulus uji kompetensi dan punya sertifikat,” katanya.


Mustika Ratu menawarkan program kemitraan Taman Sari Royal Heritage Spa dan House of Mustika Ratu. Nilai investasi Taman Sari Royal Heritage Spa ditawarkan sebesar USD175 ribu untuk luar negeri dan Rp1,850 miliar untuk Indonesia. Sedangkan House of Mustika Ratu nilai investasinya mulai dari Rp600 juta. Angga memaparkan bahwa harga tersebut sudah termasuk beragam fasilitas seperti interior dan produk-produk Mustika Ratu.

Investor yang berminat dapat membayar down payment sebesar 10 persen dari total nilai kontrak, mengisi letter of intent sebagai tanda komitmen. “Terus nanti kita akan bantu dari survei lokasi, kalo belum (ada lokasi) kita akan bantu untuk cari lokasi. Setelah itu kita nanti akan membicarakan (tahapan) selanjutnya sampai soft opening (dan) grand opening,” imbuhnya.

Menurut Angga, lokasi yang strategis menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan tempat untuk membuka Taman Sari Royal Heritage Spa. Namun demikian, pihaknya melihat bahwa setiap tempat memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda. “Setiap lokasi semuanya sebenarnya baik, cuma bagaimana kita mampu membaca peluang yang ada di lokasi itu,” jelas dia.

Di Indonesia, Taman Sari Royal Heritage Spa memiliki sekitar 15 outlet yang tersebar di Jakarta, Makassar, Bali, Palembang Yogyakarta hingga Papua. Tak hanya di Indonesia, Taman Sari Royal Heritage Spa yang pernah meraih penghargaan “ASEAN Best Spa Standard” tahun 2019 – 2021 bahkan telah melakukan eskpansi hingga ke luar negeri seperti Kanada, Republik Czech, Perancis, dan Malaysia.

Meski banyak bisnis kecantikan lainnya yang menggunakan aplikasi berbasis online untuk layanan datang ke rumah, Angga yakin bahwa Taman Sari Royal Heritage Spa dapat terus maju dan berkembang. Ia mencontohkan treatment seperti ritual mandi kembang maupun sensasi merasakan suasana amenitas di Taman Sari Royal Heritage Spa yang tak bisa didapatkan di rumah. Angga berujar, “Kita memiliki kelebihan dan itu tidak bisa diberikan (oleh) media berbasis online itu.”

Angga menjelaskan bahwa Mustika Ratu tidak hanya menjual jasa spa kecantikan tapi juga memiliki misi untuk memperkenalkan budaya Jawa. “(Mustika Ratu) Mempromosikan bukan hanya spa, tapi (juga) budaya Jawa. Karena kan sesuai visi-misi dari Founder kita. Orang sekarang jangan sampai lupa dengan budaya kita,” pungkasnya.



Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here