Home Lifestyle Culture Turnamen International Youth Championship (IYC) Digelar di Bali dan Jakarta

Turnamen International Youth Championship (IYC) Digelar di Bali dan Jakarta

Klub elite eropa menghadapi Indonesia All-Stars dalam International Youth Championship (IYC)
Jakarta International Stadium (JIS) | Foto: Tangkapan layar

Highlight.ID – .Ajang International Youth Championship (IYC) 2021 yang digelar di Bali dan Jakakrta tahun ini melibatkan sejumlah klub Eropa U-19 dan Indonesia All-Stars. Ketiga klub asal Spanyol yang akan berlaga di IYC yaitu FC Barcelona U-19, Real Madrid U-19, dan Atletico Madrid U-19. Keterlibatan klub-klub kelas dunia ditambah tim Indonesia All-Stars tersebut membuat Gubernur Bali, I Wayan Koster, merasa bangga.

“Ini adalah event pertama terlaksana di Provinsi Bali. Belum pernah ada permainan sepak bola bertaraf internasional yang dihadiri oleh klub-klub terkenal di dunia. Saya merasa berbahagia sekaligus bangga sebagai Gubernur yang pertama kali mendapatkan kesempatan terhormat seperti ini. Saya sepenuhnya mendukung dan memfasilitasi agar penyelenggaraan acara ini bisa berjalan dengan baik,” kata dia pada konferensi pers virtual.

Menurut Wayan Koster, kasus Covid-19 di wilayah Bali melandai secara stabil dalam 2 bulan terakhir. Demikian juga dengan pencapaian vaksinasi yang sudah cukup tinggi. “Karena itu, penyelenggaraan International Youth Championship di Provinsi Bali sudah bisa dijalankan dengan nyaman, aman, dan damai,” sambungnya.

Baca Juga:
Jakarta Experience Board Jadi Promotor IYC & Soft Launching JIS

I Wayan Koster, Gubernur Bali | Foto: Tangkapan layar

“Dari segi dukungan teknis yang lain sudah sangat siap. Hotel juga sudah ditentukan tempat penginapannya. Dari segi penanganan prokes kami siap mendukung penuh karena pesertanya juga tidak banyak. Hanya 150 orang, baik pemain maupun juga (tim) official-nya,” jelas dia.

Pertandingan babak penyisihan IYC akan dilaksanakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada tanggal 4 hingga 8 Desember 2021. Sementara pertandingan final IYC digelar di Jakarta bersamaan dengan Soft Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 11 Desember 2021.

Wayan Koster pun berharap agar masyarakat yang menonton dapat mencapai 25 persen dari kapasitas Stadion Kapten I Wayan Dipta. “Bila diizinkan, kami akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menerapkan aplikasi PeduliLindungi,” ucapnya.

Penyelenggaraan IYC sekaligus menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan perekonomian Bali setelah hampir 2 tahun terdampak pandemi Covid-19. “Dengan adanya event International Youth Championship ini, itu akan mendorong motivasi anak-anak muda. Para pemain bola bertalenta di Provinsi Bali ini akan terus berkembang menjadi pemain-pemain yang memiliki kualitas dan daya saing untuk mengikuti event-event berskala nasional maupun internasional,” Wayan Koster menambahkan.

Baca Juga:
Fasilitas Unggulan Jakarta International Stadium (JIS) yang Berstandar FIFA

International Youth Championship (IYC) 2021 di Bali Jakarta peresmian stadion JIS
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta | Foto: Tangkapan layar

Peresmian JIS

Pada kesempatan yang sama, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta bersama jajarannya siap menyambut kedatangan para finalis IYC. Selanjutnya, tim finalis akan bertanding di Stadion JIS yang akan diresmikan pada waktu yang bersamaan tanggal 11 Desember. “Jakarta International Stadium ini adalah stadion yang nantinya mudah-mudahan menjadi kebangaan kita semua walaupun pada bulan Desember belum 100 persen tuntas,” jelas Anies.

Meski demikian, Anies meyakinkan bahwa fasilitas utama Stadion JIS yang mendukung pelaksanaan pertandingan sepak bola sudah siap. “Kami senang sekali Bali dan Jakarta terus bermitra, menjadi tuan rumah bagi sebuah event internasional. Karena kita tahu, dua tempat inilah yang selama ini menjadi pintu gerbang Indonesia pada dunia dan dunia untuk ke Indonesia,” Anies menambahkan.

Seperti yang dijelaskan Anies, International Youth Championship bukan sebatas pertandingan sepak bola semata. “Ini adalah sebuah kesempatan untuk mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia aman, terkendali kondisi pandeminya.”

“Fasilitas yang kita miliki sudah berskala internasional. Harapannya, akan tumbuh pemain-pemain kelas internasional,” kata Anies. Ia juga berharap masyarakat yang hadir di Stadion JIS dapat menjadi penonton teladan.