Home Arts Mau Kuliah Fashion? Ini 7 Universitas Negeri yang Buka Prodi Tata Busana

Mau Kuliah Fashion? Ini 7 Universitas Negeri yang Buka Prodi Tata Busana

Daftar universitas perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka program studi jurusan tata busana fashion design
Ilustrasi | Foto: fashiongonerogue.com

Highlight.ID – Dunia mode yang perkembangannya cepat dan dinamis membuat banyak orang tertarik untuk menggelutinya. Mereka ingin menekuni profesi yang berkaitan dengan dunia mode seperti fashion designer, fashion stylist, pattern maker hingga pengajar di bidang tata busana. Salah satu jalan untuk bisa berkarier di dunia fashion yakni dengan menempuh pendidikan formal di perguruan tinggi. Kuliah di jurusan fashion, mahasiswa dapat mengenal lebih dalam dunia mode sehingga kelak mereka dapat menerapkan ilmu yang didapatnya di dunia industri yang seseungguhnya.

Di Indonesia, terdapat beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka Program Studi (prodi) Tata Busana. Kampus-kampus negeri tersebut menawarkan kurikulum yang umumnya telah disesuaikan dengan perkembangan zaman dan pasar tenaga kerja. Tak hanya itu, PTN itu juga melengkapi dirinya dengan dosen atau tenaga pengajar yang berpengalaman serta fasilitas yang lengkap. Harapannya, mahasiswa memiliki kompetensi untuk bisa masuk ke industri fashion baik bekerja di perusahaan atau instansi maupun berwirausaha.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Program Studi Tata Busana




1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Mengantongi Akreditasi B, Prodi Pendidikan Tata Busana merupakan bagian dari Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES). Prodi ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana pendidikan (S1) yang unggul dan profesional. Lulusan Tata Busana dapat menggeluti berbagai macam profesi menarik seperti guru Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), pegawai negeri sipil (PNS), instruktur atau staf pengajar, staf manajemen, dan wirausaha.

Prodi Pendidikan Tata Busana yang kampusnya berada di lingkungan Fakultas Teknik, Kampus Sekaran UNNES Gunungpati, Semarang memiliki kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Salah satu kompetensi utamanya yakni mampu menyelenggarakan pembelajaran bidang Tata Busana dengan strategi pembelajaran inovatif dan teknologi mutakhir.

Baca Juga:
Lulusan Tata Busana? Ini 9 Profesi yang Paling Cocok Buat Kamu

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)



Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang kampusnya berada di daerah Bandung, Jawa Barat menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Tata Busana sebagai bagian dari Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Sebelumnya, UPI dikenal dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung yang telah mendirikan Departemen PKK sejak tahun 1967.

Tujuan Prodi Pendidikan Tata Busana UPI salah satunya yakni mendidik mahasiswa agar memiliki kompetensi pedagogik, sosial, dalam bidang tata busana. Diharapkan, lulusannya dapat berkarya sesuai standar pasar kerja baik di bidang pendidikan maupun nonkependidikan. Saat ini, Prodi Pendidikan Tata Busana UPI telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A.