Home Arts Mau Kuliah Fashion? Ini 7 Universitas Negeri yang Buka Prodi Tata Busana

Mau Kuliah Fashion? Ini 7 Universitas Negeri yang Buka Prodi Tata Busana

Daftar universitas perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka program studi jurusan tata busana fashion design
Ilustrasi | Foto: fashiongonerogue.com

Highlight.ID – Dunia mode yang perkembangannya cepat dan dinamis membuat banyak orang tertarik untuk menggelutinya. Mereka ingin menekuni profesi yang berkaitan dengan dunia mode seperti fashion designer, fashion stylist, pattern maker hingga pengajar di bidang tata busana. Salah satu jalan untuk bisa berkarier di dunia fashion yakni dengan menempuh pendidikan formal di perguruan tinggi. Kuliah di jurusan fashion, mahasiswa dapat mengenal lebih dalam dunia mode sehingga kelak mereka dapat menerapkan ilmu yang didapatnya di dunia industri yang seseungguhnya.

Di Indonesia, terdapat beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka Program Studi (prodi) Tata Busana. Kampus-kampus negeri tersebut menawarkan kurikulum yang umumnya telah disesuaikan dengan perkembangan zaman dan pasar tenaga kerja. Tak hanya itu, PTN itu juga melengkapi dirinya dengan dosen atau tenaga pengajar yang berpengalaman serta fasilitas yang lengkap. Harapannya, mahasiswa memiliki kompetensi untuk bisa masuk ke industri fashion baik bekerja di perusahaan atau instansi maupun berwirausaha.




Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Program Studi Tata Busana

1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Mengantongi Akreditasi B, Prodi Pendidikan Tata Busana merupakan bagian dari Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES). Prodi ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana pendidikan (S1) yang unggul dan profesional. Lulusan Tata Busana dapat menggeluti berbagai macam profesi menarik seperti guru Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), pegawai negeri sipil (PNS), instruktur atau staf pengajar, staf manajemen, dan wirausaha.

Prodi Pendidikan Tata Busana yang kampusnya berada di lingkungan Fakultas Teknik, Kampus Sekaran UNNES Gunungpati, Semarang memiliki kompetensi utama dan kompetensi pendukung. Salah satu kompetensi utamanya yakni mampu menyelenggarakan pembelajaran bidang Tata Busana dengan strategi pembelajaran inovatif dan teknologi mutakhir.

Baca Juga: 7 Lembaga Pendidikan Fashion Design Untuk Berkarier di Dunia Mode




2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang kampusnya berada di daerah Bandung, Jawa Barat menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Tata Busana sebagai bagian dari Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Sebelumnya, UPI dikenal dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung yang telah mendirikan Departemen PKK sejak tahun 1967.

Tujuan Prodi Pendidikan Tata Busana UPI salah satunya yakni mendidik mahasiswa agar memiliki kompetensi pedagogik, sosial, dalam bidang tata busana. Diharapkan, lulusannya dapat berkarya sesuai standar pasar kerja baik di bidang pendidikan maupun nonkependidikan. Saat ini, Prodi Pendidikan Tata Busana UPI telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A.

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang terakreditasi BAN-PT dengan nilai A Menyiapkan tenaga akademik dan atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan tata rias guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Selain itu, Prodi Pendidikan Tata Busana UNJ juga melakukan berbagai upaya sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kesejahteraan.

Diharapkan, lulusan Prodi Pendidikan Tata Busana UNJ yang bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) dapat mengaplikasikan keahliannya di bidang desain busana. Selain jenjang S1, ada pula jenjang Diploma 3 (D3) yang lulusannya diharapkan dapat bekerja sebagai fashion designer, fashion stylist, fashion buyer, wardrobe designer, dan lainnya.



Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah Paling Pas Buat Kamu yang Suka Fashion

4. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang (UM) yang dulunya bernama IKIP Malang membuka Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana yang merupakan bagian dari Jurusan Teknologi Industri. Tujuan Pendidikan Tata Busana UM di antaranya yakni menghasilkan lulusan yang cerdas, kompetitif, mandiri
dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang pendidikan teknologi busana.

Setiap tahunnya, program S1 menampung sebanyak 60 mahasiswa per angkatan. Adapun jalur masuk UM yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandri.

5. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Awalnya bernama IKIP Ujung Pandang, Universitas Negeri Makassar (UNM) memiliki Fakultas Teknik yang salah satu program studinya yakni Pendidikan Kesejahteraan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Di dalamnya, terdapat Pendidikan Tata Busana S1 dan Diploma 3 Tata Busana. Kompetensi utama yang diharapkan dari lulusan Pendidikan Tata Busana salah satunya yaitu Memahami prinsip dasar Tata Busana sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Beberapa materi kuliah yang diajarkan di antaranya yakni Teknik Dasar Menjahit Busana, Pengetahuan dan Pemeliharaan Alat Jahit, Konstruksi Pola Dasar dan Pecah Pola, Dasar Seni dan Desain, dan Menggambar Mode. Selain itu, mahasiswa juga belajar materi kuliah lainnya seperti Pembuatan Busana Wanita, Pengetahuan Tekstil, Etika Profesi Bidang Busana, Pembuatan Busana Anak, Kriya Tekstil, Tailoring, dan Manajemen Usaha Busana.

Baca Juga: 6 Tempat Kursus Fashion Design di Jakarta Paling Bonafid Untuk Melatih Skill-mu

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mempunyai sejarah panjang dulunya dikenal dengan IKIP Yogyakarta yang memiliki lima fakultas. Salah satunya adalah Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang menaungi Jurusan Kesejahteraan Keluarga (KK). Selanjutnya Jurusan KK dan FIB terintegrasi ke Fakultas Pendidikan Teknologi dan Keguruan (FPTK) lalu berganti nama menjadi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Sejak nama UNY dipakai, di Jurusan PKK terdapat Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana dan D3 Tata Busana. Seiring berjalannya waktu, Jurusan PKK berganti nama menjadi Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB) yang berada di bawah Fakultas Teknik (FT) UNY. Demikian pula program studinya berubah menjadi S1 Pendidikan Teknik Busana dan D3 Teknik Busana.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Prodi Teknik Busana di antaranya yakni Konstruksi Pola Busana, Teknologi Tekstil, Sejarah Mode, Desain Busana, Grading Pola Busana, Teknologi Batik, Teknologi Bordir, Manajemen Peragaan Busana, dan lainnya. Selain ruang kelas, fasilitas yang tersedia yakni beberapa laboratorium untuk menunjang perkuliahan serta area hotspot gratis. Salah satu kompetensi yang diharapkan dari peserta didik Pendidikan Teknik Busana yakni menguasai landasan keilmuan kependidikan bidang teknik busana yang sesuai dengan dinamika perubahan bidang kependidikan.

7. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana dan D3 Tata Busana berada di bawah Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Kurikulum Prodi Tata Busana UNESA terdiri dari 133 SKS wajib dan 17 SKS pilihan. Beberapa mata kuliah yang diajarkan sepertu Pengelolaan Usaha Busana, Desain Mode, Busana Pria, Busana Wanita hingga Cipta Karya Busana dan Praktik Kerja Lapangan (PKL).