Home Beauty Kenali Tanda-tandanya, Saat yang Tepat untuk Memotong Rambut

Kenali Tanda-tandanya, Saat yang Tepat untuk Memotong Rambut

kapan waktu tips waktu yang tepat pas cocok untuk potong cukur rambut di salon kecantikan barbershop treatment perawatan servis layanan hairdresser hairstylist
Waktu yang tepat untuk potong rambut | Foto: Unsplash

Highlight.ID – Kapan terakhir kali kamu memotong rambut? Cukup sering atau terbilang jarang? Well, memotong rambut memang jadi suatu hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Selain saatnya berganti gaya, kamu juga bisa tampil lebih fresh saat keluar dari salon karena model rambut baru yang berganti bisa mengubah penampilan. Menarik memang tapi, di luar hal ini perhatikan juga fakta lain yang terjadi pada kondisi rambutmu sekarang.

Bukan sekedar berganti gaya, atau ingin membuatnya tampak lebih pendek saja. Waktu potong rambut juga bisa dijadikan solusi saat rambutmu mengalami banyak masalah sehingga rasa percaya diri berkurang. Selain itu, memotong rambut juga tak bisa dilakukan secara asal karena salah sedikit saja kamu bisa menyesal. Nah jika kamu sedang berencana melakukannya, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa poin ini dulu agar kamu semakin yakin memotongnya.

Tanda-tanda Kamu Perlu Memangkas Rambut

1. Ujung rambut yang bercabang

Adanya kontaminasi bahan kimia pada kulit kepala, bisa membuat rambut menjadi stress karena usaha adaptasi dengan zat asing yang masuk. Akibatnya, akar rambut melemah dan jadi lah ujung rambut kering dan bercabang. Selain terapi perawatan rambut seperti creambath atau hair spa, memotong bisa kamu jadikan solusi yang paling mudah dan cepat untuk mengatasinya.

Tak harus memangkasnya sampai habis, kamu bisa meminta hairstylist untuk memotong beberapa centimeter terakhir di ujung rambut atau tepat pada bagian yang bercabang saja jika kamu masih suka dengan potongan rambut yang sekarang.

Baca juga:

2. Sering menguncir rambut

Saat kamu sudah mulai sering menguncir dan kurang nyaman untuk melerainya, artinya rambutmu sudah terlalu panjang dan kamu mulai malas untuk menatanya. Potongan rambut sudah mulai tak terbentuk dan kamu mulai merasa jenuh. Jika ini yang terjadi, lebih baik potong saja dan coba gaya rambut baru.

3. Warna rambut mulai rusak

Mewarnai rambut memang menyenangkan di awal, tapi perlahan gejala kerusakan rambut seperti warna pudar hingga kusam akan bermunculan. Meski begitu, sebenarnya ini juga bisa terjadi pada mereka yang tidak mewarnai rambut. Semakin lama warna bisa berubah dan tampilan rambut jadi tak bagus.

Bila ini yang kamu alami, kamu bisa memotongnya sebagai cara terbaik untuk mengatasinya. Hasilnya, warna rambut yang pudar akan berkurang dan tersamarkan. Belum lagi dengan pertumbuhan rambut baru, warna hitam akan kembali mendominasi dan kamu tak bermasalah lagi dengan warna yang berbeda.

4. Rambut kusam karena panas

Sama seperti kerusakan akibat perwarnaan rambut, panas yang meresap di kulit kepala sama hebatnya merusak rambutmu. Saat rambut mulai terlihat mengembang, kaku, dan susah diatur, itu tandanya rambut sudah rusak akibat kepanasan. Inilah kesempatanmu untuk memotong rambut, terlebih biasanya rambut yang rusak karena panas jadi terjadi pada ujung rambut sehingga tentu jadi lebih mudah di potong.

5. Tak ingin punya rambut panjang

Rambut pendek memang membuat pemiliknya selalu terlihat stylish dan fresh. Pada mereka yang senang dengan model yang satu ini, tentu mereka perlu konsisten untuk memotong rambutnya setiap 6 – 7 minggu sekali. Itu karena lapisan rambut yang pendek punya pertumbuhan yang lebih cepat sehingga kamu harus lebih sering datang ke salon untuk memotongnya. So, bagi kamu yang suka dengan rambut pendek bersiap untuk sering-sering ke salon yah!

6. Kamu memiliki poni

Selain model rambut, poni juga perlu dipertahankan yaitu dengan cara memotongnya. Poni sebaiknya harus sering dipotong karena bila terlalu panjang, tampilannya akan menganggu pengelihatan dan merusak gaya rambutmu. Tapi jangan khawatir, untuk yang satu ini kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke salon. Cukup sediakan gunting sambil bercermin, lakukan hati-hati agar tetap terlihat rata ya.

kapan waktu tips waktu yang tepat pas cocok untuk potong cukur rambut di salon kecantikan barbershop treatment perawatan servis layanan hairdresser hairstylist
Waktu yang tepat untuk potong rambut | Foto: Unsplash

7. Rambutmu terlihat lurus tak bergaya

Semakin lama jarang kamu punya waktu potong rambut, semakin banyak juga rambut menghadapi masalah. Jika saat ini rambutmu terlihat makin menipis, nampak sangat lurus dan kehilangan cahayanya bisa jadi ini saat yang tepat bagimu untuk memotong rambut.

Rambut lurus dan menipis bisa jadi merupakan tanda terjadinya kerusakan. Namun sebelum memotongnya kamu bisa berkonsultasi dengan penata rambut lebih dulu mengenai perawatan apa yang terbaik guna mengembalikan ketebalan dan kilau rambut.

8. Kamu sedang bosan

Rasanya memang tidak ada hubungan antara waktu potong rambut dengan kesehatan. Hanya saja rasa bosan yang timbul pada diri seseorang kerap membuat kita ingin mengubah penampilan hanya demi mengusir rasa stress dan bosan saja. Jika demikian, sebagus apapun atau sependek rambut yang kamu punya tetap saja potong rambut ingin segera dilakukan.

Namun perhatikan juga, salah mengambil keputusan soal gaya rambut hasilnya juga bisa membuatmu menyesal karena rambut merupakan pusat perhatian. Untuk itu, sebaiknya berkonsultasi lah dulu dengan penata rambut mengenai potongan apa yang kamu mau. Dengan begitu, hasilnya tak akan membuatmu kecewa dan semoga tampilan baru ini bisa sukses mengusir rasa jenuhmu.

Apapun yang ingin kamu lakukan pada rambutmu saat ini baik mengubah gaya potongan atau warna demi penampilan ingat lah bahwa itu semua bersifat sementara. Itu karena rambut adalah bagian tubuh yang beregenerisasi sehingga ia akan tumbuh dengan alami dan rambut yang saat ini terlihat akan terganti. Yang terpenting, apapun bentuk dan gaya rambut yang kamu mau pastikan untuk selalu memperhatikan kesehatan rambutmu.

Seperti apapun model rambutnya jika tampak rusak maka nilai penampilan akan berkurang. Sebaliknya, meski tampak sederhana jika kesehatan rambut terjaga kamu akan tampil percaya diri dibuatnya.

So, apakah kamu berniat untuk potong rambut sekarang? Jika ya sertakan alasan dan gaya rambut yang kamu mau di kolom komentar ya, semoga hasilnya memuaskan. (nu/fi/ar)

Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here