Home Beauty Perawatan Kecantikan yang Halal untuk Wanita di Wardah Beauty House

Perawatan Kecantikan yang Halal untuk Wanita di Wardah Beauty House

wardah beauty house yogyakarta cabang pusat treatment layanan servis produk merek kosmetik makeup branded lokal indonesia beauty advisor therapist beautician
Wardah Beauty House Yogyakarta | Foto: Dok. Highlight.ID
Muslim LifeFest 2019

Highlight.ID – Sejak awal, Wardah memposisikan dirinya sebagai merek kosmetik halal. Wardah pun kerap memakai Brand Ambassador berjilbab yang semakin menguatkan kesan bahwa Wardah membidik segmen muslimah. Langkah yang diambil Wardah itu ternyata tepat ketika mulai banyaknya wanita yang mengenakan jilbab atau sering disebut dengan hijaber.

Wardah yang artinya ‘bunga mawar’ menjadi salah satu brand kosmetik yang berada di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation. Produk-produk Wardah dapat dengan mudah ditemui di mall-mall, department store maupun pusat perbelanjaan. Selain di pusat-pusat perbelanjaan, berbagai jenis produk Wardah bisa pula didapatkan di Wardah Beauty House (WBH), salah satunya yang berada di kota Yogyakarta.




Dilihat dari luar secara sepintas, WBH Yogyakarta yang terletak di bilangan Kotabaru layaknya rumah pada umumnya. Rumah dengan cat berwarna putih yang dominan dan luas area yang tidak terlalu besar namun terlihat apik. Di bagian depannya, terlihat taman mungil dengan aneka macam tanaman yang menghiasi pekarangan. Sementara di salah satu dindingnya, terpampang “Wardah Beauty House”.

Lokasi WBH Yogyakarta terbilang sejuk, karena terletak di kawasan yang dipenuhi banyak pohon perindang.  Anggraini Ayu Rachma Utami selaku Promotion Officer Wardah Yogyakarta saat ditemui Highlight.ID memaparkan bahwa WBH Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 2015 mengusung konsep alam di mana lingkungannya dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan dan rerumputan.

Baca juga:

Di bagian dalam, seperti halnya outlet Wardah lainnya, terpajang berbagai macam produk kecantikan. Bedanya, Wardah Beauty House Yogyakarta memiliki ruangan yang lebih luas dengan produk-produk Wardah yang lebih lengkap. Produk-produk kosmetik yang tersedia di WBH seluruhnya berasal dari Wardah. Selain itu,  terdapat pula ruangan untuk treatment kecantikan khusus untuk wanita. “Semua produk dari head to toe, dari skin care, decorative, makeup itu semua dari Wardah,” jelasnya.

Berbelanja dan Memanjakan Diri

Menurut perempuan yang akrab disapa Anggi, Wardah Beauty House menawarkan konsep one-stop shopping bagi konsumen – perempuan muda hingga ibu-ibu. “Targetnya kami (WBH) ini dari anak muda sampai ibu-ibu. (Dengan) one-stop shopping ini mereka bisa berbelanja dan bisa memanjakan diri juga. Di sini (WBH) ada perawatan seperti massage, kemudian juga ada facial, totok wajah, (dan) makeup. Makeup ini mencakup hijab do maupun hair do” ujarnya.


Berbeda dengan toko-toko Wardah lainnya, WBH menawarkan treatment kecantikan berupa massage, facial, dan totok wajah. Facial wajah di WBH bervariasi tergantung pada seri produk Wardah yang dipilih. Begitu juga dengan massage yang menggunakan varian produk Wardah seperti Pure Olive Oil, Body Masage atau Body Scrub. Selain itu, WBH juga melayani jasa makeup. Menurut Anggi, di Yogyakarta banyak mahasiswi yang ingin tampil beda saat kuliah atau wisuda.

Anggi yang merupakan lulusan Maranatha Christian University (Bandung) jurusan Psikologi menekankan bahwa WBH menggunakan produk-produk Wardah yang halal, seperti tagline yang diusungnya. Berbeda dengan klinik kecantikan pada umumnya, WBH hanya menerima layanan kecantikan untuk para wanita yang dilakukan oleh beautician atau therapist.

Tempat Beraktualisasi Diri

Uniknya, Wardah Beauty House tak hanya menawarkan bermacam-macam produk maupun perawatan kecantikan. WBH juga menyediakan spot-spot yang instagrammable untuk foto-foto. Spot-spot instagrammable tersebut tersedia di beberapa sudut ruangan. Selain itu, WBH menyediakan pula ruangan khusus untuk event-event seperti beauty class, workshop atau gathering.

wardah beauty house yogyakarta cabang pusat treatment layanan servis produk merek kosmetik makeup branded lokal indonesia beauty advisor therapist beautician
Wardah Beauty House Yogyakarta | Foto: Dok. Highlight.ID

“Kita juga sering mengadakan gathering di sini. Gathering-nya ini biasanya komunitas hijabers atau komunitas-komunitas lainnya.” ujar Anggi yang lahir di Bandung. Event-event tersebut rutin diselenggarakan tiap bulan di WBH dengan tempat terbatas. Menurutnya, berbagai upaya itu dilakukan agar pelanggan yang datang ke WBH tak hanya membeli produk atau mencoba perawatan tapi juga bisa merasakan banyak manfaat lainnya.

Memilih Produk yang Tepat

Seperti halnya di outlet-outlet Wardah lainnya, di WBH juga ada Beauty Advisor (BA) yang memberikan saran dan petunjuk kepada konsumen. Para BA Wardah sudah dibekali dengan keterampilan sehingga mampu mengenali kondisi kulit pelanggan. Setelah mengetahui jenis kulit dan permasalahan yang dihadapi konsumen, Beauty Advisor Wardah memberikan rekomendasi produk kecantikan tertentu.

“Kita sudah melatih para BA ini supaya bisa mengetahui kondisi kulit customer seperti apa, dan cocoknya menggunakan produk apa. Jadi, mereka sudah paham product knowledge-nya” ujar Anggi.

Baca juga:

Menurutnya, Beauty Advisor Wardah mempunyai peran yang sangat besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. “Dia (BA) harus tahu customer mana nih, yang cocok dengan produk kami. Kemudian, bagaimana caranya mereka (konsumen) supaya nyaman menggunakan produk Wardah. Mereka juga harus bisa melayani customer dengan baik.” ujarnya.

Menjaring Konsumen

Untuk menarik pelanggan baik baru maupun lama, WBH memanfaatkan media sosial seperti Instagram. “Kalo sekarang di era digital ini semua akan cari informasi lewat media sosial, salah satunya lewat Instagram,” ungkap Anggi. Lewat Instagram, WBH membuat posting-an tentang kegiatan-kegiatan yang ada.

Selain unggahan tentang berbagai macam kegiatan, WBH juga bekerja sama dengan merchant partner untuk menyelenggarakan promosi seperti kuis atau giveaway. “Jadi kita saling kerja sama, kemudian mengeluarkan kuis di media sosial. Jadi, orang bisa tahu Wardah Beauty House, dan kita saling ‘tukeran’ customer dengan merchant partner.”

Seiring berkembangnya waktu, sekarang makin banyak produk-produk kecantikan lokal lain yang bermunculan. Menanggapi hal itu, Anggi mengatakan bahwa persaingan di industri kosmetik memang tak bisa dihindarkan. Wardah terus berupaya konsisten dengan mengedepankan konsep produk kosmetik halal, sesuai dengan brand image yang sudah melekat selama ini.


Artikel Menarik:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here