Home Business Buka Rute Baru, Wings Air Terbang ke Muara Teweh di Barito Utara

Buka Rute Baru, Wings Air Terbang ke Muara Teweh di Barito Utara

Wings Air meresmikan rute penerbangan perdana dari Banjarmasin ke Trinsing
Wings Air meresmikan rute penerbangan Banjarmasin – Muara Teweh – Banjarmasin | Foto: Dok. Lion Air Group

Highlight.ID – Wings Air meresmikan kota tujuan baru ke-141 serta rute baru dalam wilayah Pulau Borneo. Penerbangan perdana dari Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) ke Bandar Udara Haji Muhammad Sidik, Trinsing, Teweh Selatan, Barito Utara, Kalimantan Tengah (HMS) pada 29 November 2021.

Pesawat ATR 72 terbang perdana dengan nomor penerbangan IW-1398 lepas landas dari Bandar Udara Syamsuddin Noor pukul 11.40 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan mendarat di Bandar Udara Haji Muhammad Sidik pada pukul 11.50 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07).

Pada jadwal penerbangan perdana ini, dilakukan tanda pendaratan dengan penyemprotan pada badan pesawat (water salute), tarian adat Dayak Pesisir dan Dayak Pedalaman serta disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Barito Utara H. Nadalsyah, bersama perwakilan pemerintah daerah setempat untuk melaksanakan prosesi doa bersama dan tapung tawar. Wings Air optimis, ketersediaan rute penerbangan Wings Air akan mengakomodasi kebutuhan calon penumpang khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara dan sekitarnya dalam rangka mendukung pemulihan perekonomian dan pariwisata di daerah ini.

Baca Juga:
Wings Air Resmikan Rute Penerbangan Nabire – Manokwari – Nabire

Wings Air meresmikan rute penerbangan perdana dari Banjarmasin ke Trinsing
Wings Air meresmikan rute penerbangan Banjarmasin – Muara Teweh – Banjarmasin | Foto: Dok. Lion Air Group

Penerbangan perdana dari Bandar Udara Haji Muhammad Sidik menuju Bandar Udara Syamsuddin Noor dengan nomor penerbangan IW-1399. Pesawat lepas landas pada 12.10 WIB dan tiba sesuai jadwal di Bandar Udara Syamsudin Noor pukul 14.20 WITA. Bupati Barito Utara H. Nadalsyah beserta jajaran turut serta dalam penerbangan perdana Wings Air Muara Teweh – Banjarmasin. Tanda diresmikan layanan penerbangan berjadwal dilakukan dengan water salute dan pengalungan bunga oleh General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Banjarmasin, Dony Subardono beserta jajaran kepada perwakilan penumpang dan awak pesawat.

Pada tahap awal, Wings Air akan melayani dengan frekuensi penerbangan 3 (tiga) kali dalam sepekan setiap Senin, Rabu dan Jumat. Wings Air senantiasa melakukan evaluasi pasar, dan akan meningkatkan layanan penerbangan bila tren permintaan meningkat. Nantinya jadwal operasional penerbangan akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Tarif tiket spesial satu kali terbang (one way) di rute Banjarmasin ke Muara Teweh mulai dari Rp 517.500. Harga tiket satu kali perjalanan Muara Teweh – Banjarmasin mulai dari Rp438.500.

Operasional penerbangan di rute tersebut, menempatkan Wings Air sebagai maskapai satu-satunya yang melayani penerbangan penumpang berjadwal domestik saat ini. Mendatang, pengembangan rute atau jaringan akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga:
Wings Air Buka Penerbangan Manado – Kao – Manado

Pilihan Terbang Semakin Luas

Wings Air optimis, ketersediaan penerbangan dengan jadwal yang tepat semakin membantu dan berkontribusi positif dalam perkembangan daerah sejalan program pemerintah. Konektivitas “Intra Kalimantan” khusus “Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan” semakin terbuka sebagai salah satu pusat ekonomi baru yang mempunyai sentra perkebunan, industri tambang dan pertumbuhan sektor lainnya.

Masyarakat (penumpang) dari Muara Teweh dapat terkoneksi ke Bandar Udara Syamsudin Noor di Banjarmasin, yang menawarkan kesempatan bisa melanjutkan penerbangan ke Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Yogyakarta Kulonprogo, Semarang, Batulicin, Kotabaru, Makassar, Kendari, Mamuju serta berbagai destinasi lain.

Pengoperasian penerbangan diharapkan mengakomodasi permintaan pasar angkutan udara di kedua kota, sehingga semakin meningkatkan minat orang untuk bepergian menggunakan pesawat udara secara langsung (point to point), serta memberikan pilihan terbaik penerbangan Intra Kalimantan (BANJARMASIN – MUARA TEWEH – BANJARMASIN). Dengan demikian konektivitas di wilayah Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Tengah, serta daerah-daerah lainnya menjadi relatif singkat serta kemudahan bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan ke kota-kota lain semakin banyak dan lebih luas lagi.

Bagi calon penumpang khusus di wilayah Banjarmasin dapat membeli voucher RT-Rapid Test Antigen dengan harga terjangkau Rp35.000 dan dapat membeli voucher RT-PCR Rp. 225.000.