Home Travel Beaches Berinteraksi dengan Lumba-Lumba Cantik Nan Lucu di Pantai Lovina

Berinteraksi dengan Lumba-Lumba Cantik Nan Lucu di Pantai Lovina

tempat wisata bali destinasi populer pantai terbaik lovina singaraja lokasi tujuan arah traveling liburan backpacker pemandangan alam menarik
Gambar: baliislandsurf.files.wordpress.com

Highlight.id – Berada berkisar sembilan kilometer sebelah barat Kota Singaraja, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Provinsi Bali bagian Utara, Lovina merupakan pantai indah yang menjadi rumah singgah bagi gerombolan lumba-lumba. Berinteraksi dengan mamalia laut yang cerdas ini saat berada di pantai tentunya menjadi salah satu momen langka yang hanya bisa kamu temukan di Pantai Lovina.

Untuk bisa sampai ke Pantai Lovina, kalian dapat melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi atau sewa menggunakan sopir melewati Gilimanuk. Jarak antara Gilimanuk dengan Pantai Lovina tergolong cukup dekat, yaitu berkisar kurang dari satu jam.

Sedangkan bagi kamu yang berasal dari luar Pulau Bali dan menggunakan jalur udara dapat turun di Bandara Ngurah Rai Bali. Kemudian, kamu perlu melakukan perjalanan sekitar 120 kilometer atau kisaran tiga jam perjalanan untuk bisa sampai di Pantai Lovina, karena letak antara bandara dan pantai cukup berjauhan yaitu dari selatan ke bagian paling utara.

Tetapi, jarak seharusnya bukan jadi masalah karena perjuangan selama di perjalanan akan digantikan dengan keindahan pesona alam Pantai Lovina. Sebaiknya, waktu yang tepat untuk tiba di Pantai Lovina adalah sebelum malam hari. Hal tersebut dimaksudkan supaya kamu bisa bermalam terlebih dahulu di penginapan yang tersedia. Kamu bisa memilih penginapan seperti hotel di Lovina yang punya harga bervariatif mulai dari ratusan ribu saja. Selanjutnya, kamu harus sudah bersiap sejak dini hari untuk menikmati rangkaian momen spesial di Pantai Lovina.

Baca juga:

Bangun pagi menjadi agenda wajib pertama bagi wisatawan yang mampir ke Pantai Lovina. Karena, Pantai Lovina merupakan lokasi yang indah untuk menyaksikan matahari terbit. Bukan cuma itu, jika beruntung kamu bisa menemukan gerombolan lumba-lumba di tengah laut dengan terlebih dahulu menumpang kapal milik nelayan setempat. Biasanya, lumba-lumba akan bermunculan kisaran jam lima atau enam pagi sampai delapan atau sembilan pagi.

tempat wisata terbaik di bali destinasi pantai lovina traveling lokasi pergi ke mana tujuan dekat penginapan hotel arah
Gambar: piknikasik.com

Meskipun lumba-lumba di Pantai Lovina tergolong hewan liar yang hidup di alam bebas, karakter hewan ini cenderung jinak. Apalagi ditambah dengan sudah terbiasanya lumba-lumba Lovina terlihat di depan manusia. Di balik itu semua, kemunculan gerombolan lumba-lumba cantik di Pantai Lovina terkadang layaknya menemukan harta karun, karena tidak ada masyarakat yang bisa menjamin 100% secara akurat waktu dan kehadiran mamalia laut ini. Namun, ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatian supaya penantian kamu bertemu lumba-lumba tak jadi sia-sia.

Jika ingin bertemu dengan lumba-lumba Pantai Lovina, pastikan jika kamu berada di lokasi terbaik yang jadi persinggahan lumba-lumba. Hal tersebut bisa dibicarakan lebih dulu dengan warga setempat khususnya nelayan yang akan membawa kamu menuju lokasi strategis munculnya lumba-lumba. Pantai Lovina juga diketahui bisa menjadi tempat persinggahan lumba-lumba karena didukung kondisi lautnya yang cenderung tenang.

Selain itu, pastikan jika kamu memperhatikan waktu yang tepat untuk melihat lumba-lumba, yaitu maksimal sebelum matahari mulai terik seperti pagi hari. Atau, ada juga kemungkinan bisa muncul saat sore. Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan musim saat kamu berkunjung. Pilihan yang aman adalah sekitar bulan April hingga Oktober, karena periode tersebut sedang mengalami musim kemarau, sehingga kondisi langit cenderung cerah dan tenang lautnya.

Jika momen melihat lumba-lumba terlewatkan, kamu masih bisa menikmati keindahan Laut Lovina dengan snorkeling. Di daratan, tepatnya di pinggir pantai kamu juga bisa bersantai sembari relaksasi badan dan pikiran dengan menikmati panorama pantai Lovina. Saat lapar melanda, kamu bisa mampir ke warung makan atau restoran pinggir jalan. Kemudian, lepas petang sampai malam, kamu bisa alihkan perhatian dari pantai dan luangkan waktu ke kafe-kafe yang tersedia.

Peta Lokasi Pantai Lovina, Bali