Highlight.ID – Zumba, yang dikenal sebagai program latihan yang menggabungkan unsur tarian dengan musik, telah berkembang menjadi platform yang memberdayakan para pelaku seni di seluruh dunia melalui salah satu inisiatifnya, yaitu Zumba Music Lab. Dengan lebih dari 15 juta orang yang mengikuti kelas Zumba setiap minggunya di lebih dari 200 ribu lokasi di 185 negara, Zumba dapat menjadi wadah bagi para pelaku seni, terutama penyanyi, untuk mempromosikan musik mereka.
Alberto Perlman, CEO Zumba mengatakan, “Musik adalah jantung dari Zumba. Berdasar pada hal ini kami mengembangkan Zumba Music Lab, sebuah inisiatif yang diciptakan untuk menghadirkan musik terbaik ke komunitas kami sekaligus memberikan peluang bagi para pelaku seni untuk menampilkan musik mereka di ribuan kelas di seluruh dunia. Memberikan wadah untuk memperluas paparan ke audiens baru serta peluang pengembangan karier yang menjanjikan.”
Zumba Music Lab merupakan bukti komitmen Zumba dalam membina bakat dan mempromosikan keberagaman dalam industri musik. Dengan mengintegrasikan musik ke dalam kebugaran, Zumba membantu seniman terhubung dengan audiens yang luas, sehingga memperkuat jangkauan dan pengaruh mereka. Dalam momen Hari Musik Sedunia, Zumba mengajak semua orang untuk merayakan kekuatan musik dan tarian untuk menyatukan orang-orang.
Denada Tambunan, Brand Ambassador Zumba di Indonesia adalah salah satu penyanyi yang sudah berhasil berkolaborasi dengan Zumba Music Lab. Bersama dengan tim dari Zumba Music Lab, ia telah merilis lagu berjudul “DENADA”, yang mengangkat kisah hidupnya. “Senang sekali bisa berbagi energi positif dan cinta melalui musik dan tarian dengan banyak orang. Lagu hasil kolaborasi dengan Zumba Music Lab ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi saya. Tak hanya menjadi olahraga yang sangat saya sukai, tapi juga sebuah platform untuk mewujudkan mimpi,” ujar Denada.
Melalui Zumba Music Lab, para seniman menerima bimbingan dan dukungan dari para profesional di industri, memastikan bahwa musik mereka selaras dengan ritme kelas Zumba. Selain itu, Zumba Music Lab menawarkan para seniman kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara eksklusif dan konser virtual.
Dengan demikian, mereka dapat memperluas jangkauannya dan menghubungkan mereka dengan penggemar kebugaran di seluruh dunia. Acara-acara ini menyediakan platform unik bagi para seniman untuk tampil secara live, berbagi cerita, dan terlibat dengan komunitas yang dinamis dan suportif.
Selama bertahun-tahun, basis penggemar setia Zumba di seluruh dunia yang berjumlah lebih dari 15 juta pengguna telah memainkan peran penting dalam membantu menempatkan lagu dari artis musik ternama seperti Shakira, Jennifer Lopez, dan Luis Fonsi di puncak tangga lagu. Dalam memproduksi lagu, Zumba Music Lab bermitra dengan label-label ternama seperti Sony Latin, Warner, dan Universal serta artis-artis besar seperti Steve Aoki.
“Sebelumnya, Zumba juga menjadi salah satu pendorong lagu populer seperti “Despacito” oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee. Setelah diperkenalkan kepada jutaan pecinta Zumba, lagu Despacito masuk ke dalam salah satu lagu paling populer di tahun 2019, bahkan memenangkan “Record of the Year” dan “Song of the Year” dalam Annual Latin Grammy Awards ke 18,” ujar Alberto.
Lebih dari sekadar pusat musik, Zumba Music Lab adalah tempat di mana impian dan emosi bertemu, di mana setiap ketukan dan melodi diciptakan dengan cinta dan semangat. Musik yang lahir dari Zumba Music Lab bukan hanya suara, tetapi adalah perasaan, cerita, dan energi yang terhubung satu sama lain. Dalam setiap gerakan dan setiap tarian, ada kisah perjuangan, kebahagiaan, dan cinta yang mendalam.
“Kami percaya bahwa musik memiliki kekuatan untuk melampaui batasan dan menyatukan orang,” tambah Alberto. “Melalui Zumba Music Lab, kami berkomitmen untuk menciptakan ruang di mana kreativitas dan kolaborasi berkembang, pada akhirnya meningkatkan pengalaman Zumba secara keseluruhan untuk komunitas kami di seluruh dunia.”