Home Business 10 Jenis Corporate Events yang Diselenggarakan oleh Perusahaan

10 Jenis Corporate Events yang Diselenggarakan oleh Perusahaan

jenis macam corporate events acara perusahaan tujuan fungsi manfaat

Highlight.ID – Cara paling efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan dengan karyawan, konsumen, dan mitra adalah dengan mengadakan acara perusahaan. Di dunia korporat, ada begitu banyak acara mulai dari konferensi hingga pameran dagang. kamu dapat memilihnya bergantung pada sasaran dan target audiens.

Setelah kamu menetapkan tujuan yang jelas dan mengidentifikasi target audiens, akan lebih mudah bagimu untuk menentukan acara perusahaan yang tepat. Hal ini penting diterapkan agar kamu terhindar dari pemborosan anggaran.

1. Seminar

Seminar bisnis yang mempertemukan sejumlah pakar yang berkompeten di bidangnya membantu peserta mendapatkan pengetahuan baru. Umumnya, seminar bisnis menarik orang-orang dengan minat yang sama untuk hadir. Para peserta dapat mempelajari banyak hal yang berguna untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Menghadiri seminar bukan hanya tentang bisnis tetapi juga tentang bagaimana pesaing menjalankan bisnis mereka. Kamu dapat menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran yang paling tepat.

2. Workshop

Tidak seperti jenis acara perusahaan lainnya, kamu bisa langsung mendapatkan ide dan keterampilan baru melalui lokakarya. Tingkat pemahaman dan latar belakang peserta yang berbeda memungkinkan kamu mendapatkan perspektif yang unik atau benar-benar baru.

Baca Juga:
Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Venue Acara

Lokakarya berfungsi sebagai ruang diskusi di mana orang-orang yang terlibat berbicara tentang masalah tertentu. Perusahaan sering menggunakan bengkel untuk meningkatkan kompetensi karyawannya.

3. Konferensi

Konferensi adalah cara yang bagus bagi karyawan untuk mempelajari sesuatu yang baru terkait dengan industri. Tantangan bisnis yang semakin sulit menuntut manajer yang paling berpengalaman sekalipun untuk memperbaharui pengetahuannya.

Dengan mengikuti konferensi, peserta dapat aktif bertanya kepada pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing. Selain itu, konferensi memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertemu sesama manajer dari berbagai industri. Ini merupakan kesempatan emas bagi perusahaan untuk memperluas jaringan dan menjalin kerjasama.

4. Rapat

Pada dasarnya, rapat adalah bagian integral dari dunia bisnis. Rapat terdiri dari berbagai jenis antara lain rapat formal, rapat informal, rapat umum pemegang saham, rapat pengurus, rapat umum, rapat perencanaan, rapat tahunan, dan lain-lain. Setiap jenis pertemuan memiliki tujuan dan peserta yang berbeda.

jenis macam corporate events acara perusahaan tujuan fungsi manfaat
Ilustrasi

Tergantung pada jenis dan tingkat formalitasnya, rapat dapat diadakan di kantor atau ruang rapat khusus seperti di hotel. Jika pertemuan yang mengundang pemangku kepentingan diadakan di sebuah hotel, maka diperlukan perencanaan yang lebih matang.

5. Upacara penghargaan

Sebuah acara penghargaan membuat orang termasuk karyawan atau mereka yang telah berkontribusi merasa bahwa pekerjaan mereka benar-benar dihargai. Ini adalah bentuk rasa syukur dan pengakuan bahwa perbuatan baik mendapatkan balasan yang layak.

Pengakuan atas jasa seseorang dapat memotivasi orang lain untuk berbuat kebaikan juga. Orang lebih termotivasi untuk berbuat baik ketika upaya mereka layak.

6. Kegiatan membangun tim

Cara terbaik untuk meningkatkan kolaborasi antar karyawan adalah dengan melakukan aktivitas team building. Pada saat yang sama, itu juga memperkuat koneksi dan rasa memiliki mereka. Latihan membangun tim dirancang untuk membuat sekelompok orang bekerja sama menuju tujuan bersama.

Manfaat membangun tim termasuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah, peningkatan kolaborasi motivasi, dan persahabatan yang lebih erat. Selama membangun tim, karyawan mengembangkan keterampilan komunikasi dengan sesama anggota tim.

7. Pameran dagang

Berbicara dengan pelanggan secara langsung di trade shows memberi perusahaan peluang untuk mengidentifikasi lebih jauh kebutuhan mereka. Meskipun internet berkembang sangat pesat, hal ini tidak mengurangi pentingnya pameran dagang offline. Melalui pameran dagang, bisnis memiliki peluang besar untuk memperluas pasar, mendorong penjualan, meningkatkan kesadaran merek, dan mendukung program pemasaran apa pun.

Kebanyakan orang mengunjungi pameran dagang karena ingin mencari informasi spesifik atau membeli produk tertentu. Mereka ingin melihat inovasi atau produk unggulan yang mungkin dapat memberikan solusi bagi usahanya. Artinya, secara psikologis mereka siap menerima tawaranmu.

8. Peluncuran produk

Perusahaan yang mengutamakan inovasi biasanya terus melakukan berbagai penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk atau jasa baru. Peluncuran produk baru membutuhkan berbagai strategi komunikasi pemasaran untuk menyampaikan pesan secara efektif. Kamu bisa membuat pesan yang bertujuan untuk membangkitkan minat konsumen sejak awal.

Konsumen perlu mengetahui apa saja fitur terbaru dan manfaat yang bisa mereka dapatkan. Peluncuran produk adalah bentuk publisitas yang bagus untuk menarik perhatian publik yang dapat mendorong lebih banyak penjualan.

Baca Juga:
Pengertian Konferensi Beserta Tujuan & Jenis-jenisnya

9. Turnamen olahraga

Beberapa orang berpikir bahwa olahraga hanyalah permainan di lapangan. Pada prinsipnya olah raga lebih dari itu kita dapat menanamkan nilai-nilai sportivitas dan persaudaraan. Meski para peserta saling berkompetisi, namun sportifitas perlu dijunjung tinggi.

Mengapa perusahaan menyelenggarakan turnamen olahraga? Dari perspektif branding, meningkatkan kesadaran merek terutama ketika informasi tentangnya tersebar luas dan banyak orang berpartisipasi. Selain mengadakan acara sendiri, perusahaan juga dapat memberikan dukungan kepada pihak lain dengan menjadi sponsor.

10. Acara amal

Memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar dapat mempersatukan semua orang. Saat perusahaan menyelenggarakan acara amal seperti penggalangan dana atau donasi, berbagai pihak termasuk organisasi, karyawan, mitra, dan komunitas kemungkinan besar akan memberikan dukungan. Setiap orang yang terlibat dalam acara amal juga akan mendapat manfaat darinya.

Filantropi yang dapat membangun karakter organisasi menunjukkan bahwa perusahaan lebih peduli dari sekedar mencari keuntungan bisnis. Seseorang dengan keyakinan yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan mungkin tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Melalui acara amal, perusahaan dapat meningkatkan pengenalan merek, terutama dari liputan media.