Home Beauty Jenis-jenis Perawatan Spa Kecantikan untuk Kesegaran Tubuh dan Pikiranmu

Jenis-jenis Perawatan Spa Kecantikan untuk Kesegaran Tubuh dan Pikiranmu

Jenis-jenis spa treatments perawatan kecantikan tubuh therapist cewek salon
Ilustrasi | Foto: Unsplash.com/Visual Stories || Micheile

Highlight.ID – Banyak orang berpikiran bahwa mendapatkan perawatan di spa kecantikan adalah sekadar untuk memanjakan diri. Padahal, perawatan spa meliputi bagian-bagian tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki memberikan beragam.manfaat bagi kesehatan. Setiap perawatan spa dilakukan oleh terapis kecantikan yang terlatih dan profesional.

Spa sering disamakan dengan salon karena keduanya seringkali hadir bersamaan. Namun demikian, ada pula salon kecantikan yang tidak menawarkan layanan spa. Oleh karena itu, pastikan kalian memilih tempat yang tepat untuk mendapatkan perawatan spa.

Manfaat Perawatan Spa Kecantikan

Mendapatkan perawatan spa kecantikan menjadi pilihan bagi sebagian orang baik wanita maupun pria untuk bisa rileks dan menurunkan kepenatan. Apalagi, ketika kamu merasakan sensasi pijatan dari terapis profesional yang membuat pikiran dan tubuhmu lebih tenang.

Setiap spa treatments memberikan manfaat yang berbeda-beda. Manfaat itu bisa kamu peroleh sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui jenis perawatan spa yang paling cocok, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan terapis spa. Adapun beberapa manfaat perawatan spa di antaranya:




  • Meredakan sakit dan nyeri,
  • Membuat tidur lebih nyenyak,
  • Meringankan stres,
  • Membantu anti penuaan,
  • Memperbaiki sirkulasi darah,
  • Meningkatkan kebahagiaan,
  • Membuat kulit lebih segar dan bercahaya,
  • Membantu tubuh dan pikiran lebih rileks.

Macam-macam Spa Treatments dan Manfaatnya

1. Body Massage

Perawatan spa kecantikan yang paling diminati di spa kecantikan salah satunya ialah pijat tubuh (body massage). Kebutuhan akan pijat semakin meningkat terutama ketika tubuhmu merasa letih dan tegang. Namun sebelum mendapatkan pijat, pastikan kamu mengetahui jenis-jenis pijat yang paling pas. Terapis biasanya dapat menentukan teknik-teknik pijat yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan.

Dari berbagai teknik pijat yang dipraktikkan di seluruh dunia, yang paling populer termasuk Swedish massage, deep tissue massage, trigger point massage, sports massage, hot stone massage, aromatherapy massage, dan reflexology massage. Jenis-jenis pijat tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuhmu.

Baca Juga:
Treatment Rambut di Salon Kecantikan yang Biasa Dilakukan Cewek

2. Manicure & Pedicure



Bagian tubuh yang dapat memengaruhi penampilan dan perlu mendapatkan perawatan khusus yakni kuku. Di spa kecantikan, kalian akan mendapatkan perawatan kuku tangan yang biasa disebut dengan manicure. Sementara perawatan kuku kaki dikenal dengan pedicure. Baik manicure maupun pedicure merupakan perawatan spa kecantikan paling populer yang dilakukan oleh terapis atau nail technician.

Salah satu alasan melakukan perawatan kuku yakni ini dapat memperbaiki penampilan dan meningkatkan kesehatan. Terapis akan membersihkan bagian-bagian kuku dan sekitarnya sehingga kamu terhindar dari kekasaran maupun bercak-bercak. Secara psikologis, kamu juga akan merasa lebih rileks dan kurang tegang dengan perawatan kuku.

3. Facial Treatments

Perawatan kulit paling mendasar adalah facial yang dapat menutrisi kulit dan meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan. Facial melibatkan beberapa proses termasuk pembersihan dalam pori-pori, pengelupasan dan pengangkatan kulit mati. Melakukan facial secara reguler membuat kulitmu tak hanya terlihat lebih sehat tapi juga bercahaya.

Banyak orang ketagihan dengan facial karena berag manfaat yang didapatkan. Kulit yang tadinya kusam akan terlihat lebih bersih dengan facial. Perawatan ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membuat wajah tampak lebih awet muda. Jenis-jenis facial treatments yang banyak ditawarkan di spa kecantikan seperti acne facial, chemical peel, mikrodermabrasi, dan anti-aging facial.

Baca Juga:
Jenis-jenis Spa Kecantikan yang Melayani Ragam Perawatan Wajah dan Tubuh

4. Body Treatments




Perawatan tubuh di spa kecantikan melibatkan penggunaan berbagai teknik seperti pemijatan dan penggosokan dengan aromaterapi, lotion, krim atau mineral tertentu. Ini merupakan prosedur nonmedis yang sering dilakukan oleh terapis kecantikan. Ada banyak jenis perawatan tubuh yang ditawarkan di spa kecantikan.

Beberapa perawatan tubuh menggunakan body scrub (lulur) untuk mengelupas dan membuat kulit lebih segar dan bercahaya. Menggosok kulit dengan scrub gula atau garam dan sikat kering akan mengelupas sel-sel kulit kering dan memperbaiki serta memperbarui tekstur kulit. Selain itu, ini juga meningkatkan sirkulasi, membantu drainase limfatik, dan menghilangkan pori-pori tersumbat.

5. Hair Treatments

Rambut yang tidak terawat akan menyebabkan berbagai masalah rambut seperti ketombe hingga kerontokan. Apalagi, rambut mudah sekali terpapar polusi, alat-alat styling hingga bahan-bahan kimia sehingga rambut terlihat kusam. Oleh karena itu, perawatan rambut menjadi sangat penting agar kesehatan dan kecantikannya tetap terjaga.

Salah satu perawatan rambut di spa kecantikan yaitu keratin smoothing. Perawatan ini sangat ideal bagi mereka yang memiliki rambut keriting atau kusut. Selain itu, ada perawatan kulit kepala yang membantu produksi kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini dapat merangsang aliran darah dan menutrisi kulit kepala dengan demikian rambutmu lebih sehat.