Home Business 7 Jenis Media Cetak yang Efektif untuk Promosikan Event

7 Jenis Media Cetak yang Efektif untuk Promosikan Event

Jenis macam media cetak printing event promotion acara printing manfaat tuijuan
Ilustrasi

Highlight.ID – Kesuksesan sebuah acara sangat bergantung pada bagaimana kamu mempersiapkannya. Persiapan yang perlu dipikirkan salah satunya adalah promosi acara. Ada beragam media promosi yang bisa kamu pilih mulai dari media sosial hingga media cetak. Promosi acara memegang peran sangat signifikan karena akan menentukan seberapa banyak orang yang hadir ke acara.

Ketika teknologi informasi seperti internet berkembang dengan pesat, banyak orang mengira media cetak akan mati. Namun prediksi itu ternyata tidak tepat karena media tradisional masih terus eksis hingga kini. Demikian juga dalam hal promosi acara, kamu masih tetap membutuhkan media cetak yang bentuknya bervariasi.

Pentingnya Media Cetak

Sekarang sudah ada media sosial, iklan digital, dan website, tapi kenapa masih harus memakai media cetak?

Sebagai seorang event planner, kamu harus mampu menjawab pertanyaan itu dengan tegas. Perlu diketahui, media digital dan media cetak mempunyai karakteristik tertentu. Ini adalah prinsip dasar yang harus dipahami. Artinya, setiap media promosi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tugas kamu adalah mengombinasikan beberapa media promosi sehingga antara satu dengan  yang lainnya saling mendukung.

Dalam hal perencanaan acara, kamu harus menciptakan atmosfer yang membuat pengunjung merasa terkesan. Suasana yang berbeda ketika audiens berada di venue hanya bisa diciptakan melalui media cetak. Kamu tentu pernah melihat deretan banner cetak yang terpasang di sekeliling venue. Ini sudah memberikan kesan tersendiri bahkan ketika kamu belum masuk ke lokasi acara. Satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh media promosi digital.

Media Cetak Paling Efektif untuk Promosi Acara

1. Poster

Poster mampu menarik perhatian orang karena ukurannya yang relatif besar. Ukuran tradisional poster adalah 24×36 inci, namun mereka dapat dicetak dalam berbagai ukuran lain. Untuk membuat poster terlihat lebih menonjol, kamu bisa menambahkan finishing berupa matte, glossy atau finishing dekoratif seperti kertas foil yang dapat membuat poster berkesan mengkilap.

Tergantung pada ukuran poster, kamu dapat menempatkan di manapun kamu ingin orang-orang melihatnya. Satu hal yang perlu kamu ingat, kamu tak bisa menempelkan poster sembarangan. Pastikan kamu menempatkannya di lokasi di mana kamu telah mendapatkan izin. Lokasi ideal untuk menempatkan poster ialah yang ramai dan sangat mudah terlihat oleh orang.

Baca Juga:
Jenis-jenis Media Cetak Paling Efektif untuk Mempromosikan Bisnismu

Poster dapat memberikan dampak visual langsung terutama pada orang yang melihatnya Ketika poster ditempatkan dengan lalu lintas tinggi, ini memungkinkan kamu menjangkau lebih banyak orang yang beragam. Selain itu, poster adalah media yang harganya semakin murah apabila kamu mencetaknya dalam jumlah banyak.

2. Billboard

Papan reklame berukuran besar yang sering kita sebut dengan billboard bertujuan untuk menarik perhatian pengendara dan pejalan kaki yang lewat. Iklan billboard yang menggunakan cetakan besar memiliki pesan singkat yang harus dibaca dan dipahami dalam hitungan detik. Dengan demikian, kamu perlu menyertakan visual yang membangkitkan emosi tertentu.

Biasanya, kamu melihat billboard di jalan raya dengan lalu lintas yang padat. Ini termasuk persimpangan jalan di mana pengendara berhenti sambil menunggu lampu hijau lalu lintas menyala. Billboard unggul dalam mendapatkan dan meningkatkan kesadaran merek karena bisa dipasang di beberapa lokasi sekaligus.

Karakteristik utama billboard, ia menjangkau audiens yang berada di suatu wilayah tertentu. Ini sangat cocok untuk mempromosikan acaramu yang menyasar penduduk lokal dan sekitarnya.

Jenis macam media cetak printing event promotion acara printing manfaat tuijuan
Ilustrasi

3. Brosur

Brosur memungkinkanmu menyampaikan seluruh informasi acara dan memasukannya ke dalam format yang ringkas. Kamu dapat mendistribusikan brosur dengan mudah secara langsung atau meletakkannya di atas meja. Pengeluaran terbesar biasanya meliputi desain, copywriting, dan pencetakan.

Jika kamu mencetak dalam jumlah banyak, sebagian besar perusahaan percetakan akan memberi harga grosir lebih rendah. Jika dihitung biaya per lembar, brosur adalah bentuk promosi acara yang relatif murah. Brosur cetak sangat penting untuk kamu siapkan dalam acara seperti pameran dagang, konferensi atau seminar di mana banyak pembeli potensial yang datang.

4. Banner

Banner yang mudah diproduksi menampilkan informasi yang cukup singkat. Ini termasuk nama acara, logo acara, pesan pemasaran, dan slogan. Dalam berbagai acara termasuk pameran dagang, banner yang bentuknya variatif mampu menarik pengunjung. Banner membantu mereka untuk mengenali berbagai program yang dihadirkan dalam acara.

Terdapat berbagai jenis spanduk berdasarkan bahan yang digunakan seperti paper banner, vinyl banner, mesh banner, canvas banner, polyester fabric banner, dan no curl vinyl banner. Dengan desain yang menarik dilengkapi dengan berbagai elemen grafis, banner memberikan pengalaman visual berkesan bagi pengunjung. Ini sekaligus menjadi dekorasi yang bisa ditempatkan di dalam maupun luar ruangan.

5. Stiker

Terdapat berbagai macam stiker yang ramah lingkungan, bahannya 100% dapat dikomposkan dan keawetannya hampir menyamai plastik. Mereka ialah foiling stickers, transparent stickers, PVC sticker, dan laminated sticker. Stiker menjadi media yang favorit karena dapat ditempelkan di manapun orang suka.

Jika kamu mengelola kampanye pemasaran untuk pameran atau acara apapun, maka penempatan stiker pada berbagai produk penting untuk diperhatikan. Stiker yang dapat menjadi souvenir dapat berkomunikasi dengan audiens selama ia masih tertempel. Ini dapat membuat hubungan jangka panjang dan memberikan kenangan yang tak terlupakan.

Untuk menjalankan branding acara, stiker dapat dengan mudah terintegrasi dengan semua jenis kampanye. Ini dapat digunakan untuk setiap jenis media promosi seperti katalog, brosur, topi, tas, kemasan produk, dan lainnya. Dari sekian banyak jenis stiker, yang paling sering digunakan untuk branding karena keunikannya yakni stiker die-cut.

6. Merchandise promosi

Selain melalui tiket, kamu bisa mengumpulkan pendapatan melalui merchandise promosi yang bentuknya bermacam-macam. Adapun merchandise promosi yang bisa kamu pilih di antaranya topi, tote bag, masker, USB drives, outerwear, aksesoris meja, kalender, gantungan kunci, dan peralatan minum seperti tumbler. Mereka menarik untuk dibeli apalagi jika menampilkan desain yang bagus dan kreatif.

Baca Juga:
Kuliah di Jurusan Event Management, Apa Saja yang Kamu Pelajari?

Merchandise dapat menjadi media promosi acara yang efektif karena ia dapat berfungsi sebagai kenang-kenangan atau souvenir. Tak cuma itu, setiap item merchandise juga mempunyai kegunaan masing-masing. Acara seperti trade show, seminar perusahaan, kompetisi olahraga, konferensi, konser musik, dan lainnya merupakan waktu terbaik untuk menggunakan produk bermerek.

Sebagian besar perusahaan menggunakan merchandise sebagai barang promosi mereka dalam pertemuan bisnis, selama presentasi bisnis atau mengirim langsung melalui layanan pengiriman barang. Merchandise memberikan kesan abadi karena mereka disimpan di rumah sehingga acaramu akan terus terekam dalam ingatan mereka.

7. Bendera kustom

Antara bendera dan spanduk memiliki kemiripan yang dangkal, desainnya serupa namun dengan hasil berbeda. Bendera adalah bahan yang menggantung bebas dari ujungnya sementara spanduk tetap di tempatnya dengan satu atau lebih tiang. Bendera memiliki keunggulan tersendiri dalam menarik perhatian.

Dapat ditempatkan di berbagai lokasi, bendera tidak memerlukan banyak ruang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Tak perlu banyak informasi, yang kamu tampilkan di bendera paling-paling logo perusahaan atau nama acara. Satu hal yang jadi kekurangannya, bendera mudah rusak dan aus karena dibiarkan berkibar bebas tertiup angin.

Bendera yang tergolong ekonomis karena bisa dipakai berulang-ulang mampu menghadirkan citra positif untuk acaramu. Selama bertahun-tahun, bendera digunakan untuk melambangkan kegembiraan dan emosi penyambutan. Dicetak dengan tinta tahan UV, bendera yang mudah dirangkai dapat dicetak satu maupun dua sisi.